PENGARUH PENGGUNAAN MULSA JERAMI DAN JARAK ANTAR BARIS TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN WORTEL (Daucus carota L.) DI DATARAN RENDAH

Rizal, Wikaldi (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MULSA JERAMI DAN JARAK ANTAR BARIS TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN WORTEL (Daucus carota L.) DI DATARAN RENDAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Rizal Wikaldi - C1M018112.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Artikel Rizal Wikaldi C1M018112.pdf

Download (334kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan mulsa jerami dan pengaturan jarak antar baris terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman wortel (Daucus carota L.) di dataran rendah. Percobaan ini menggunakan metode eksperimental yang dilaksanakan di Kelurahan Bertais, Kecamatan Sandubaya, Kota Mataram, pada bulan Agustus sampai dengan Desember 2022. Rancangan percobaan yang digunakan yaitu Rancangan Acak Kelompok (RAK) Faktorial yang terdiri dari 2 (dua) faktor, faktor pertama adalah penggunaan mulsa jerami (m) dengan 2 (dua) aras yang terdiri dari: tanpa mulsa jerami (m₀) dan mulsa jerami (m₁). Faktor kedua yaitu perlakuan jarak antar baris (j) yang terdiri dari: 10 cm (j₁), 15 cm (j₂), 20 cm (j₃), 25 cm (j₄). Kedua faktor dikombinasikan sehingga diperoleh 8 (delapan) kombinasi perlakuan, setiap kombinasi diulang sebanyak 3 (tiga) kali, sehingga diperoleh 24 petak percobaan. Data hasil pengamatan dianalisis menggunakan analisis sidik ragam (ANOVA) dan diuji lanjut menggunakan uji beda nyata jujur (BNJ) pada taraf 5%. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada interaksi antara perlakuan mulsa jerami dan jarak antar baris terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman wortel di dataran rendah. Perlakuan jarak antar baris berpengaruh nyata terhadap jumlah daun 65 HST, laju jumlah daun, bobot brangkasan basah, berat umbi per tanaman, berat umbi per petak, dan kekerasan umbi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Wortel, Mulsa jerami, Jarak antar baris.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 26 Jul 2023 07:37
Last Modified: 26 Jul 2023 07:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41775

Actions (login required)

View Item View Item