PERNIKAHAN USIA DINI PADA MASYARAKAT SASAK SELAMA MASA PANDEMI DI DESA KELAYU UTARA KECAMATAN SELONG KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Maya Julia, Agustina (2023) PERNIKAHAN USIA DINI PADA MASYARAKAT SASAK SELAMA MASA PANDEMI DI DESA KELAYU UTARA KECAMATAN SELONG KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI MAYA JULIA AGUSTINA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (950kB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL. MAYA JULIA AGUSTINA.pdf

Download (279kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya pernikahan usia dini pada masa pandemi di Desa Kelayu Utara Kecamatan Selong Lombok Timur; 2) Upaya-upaya dilakukan oleh Pemerintah Desa untuk mencegah pernikahan usia dini pada masyarakat sasak selama masa pandemi di Desa Kelayu Utara Kecamatan Selong Lombok Timur. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Tehnik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tehnik analisis data menggunakan tehnik analisis diskriptif dalam menganalisis data dari hasil penelitian yang sudah diperoleh dari proses mencari, menyusun data yang diperoleh secara sistematis dari hasil observasi, wawancara, dan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pernikahan anak usia dini di Desa Kelayu Utara Kecamatan Selong Kabupaten Lombok Timur masih tergolong cukup tinggi. Faktor penyebab pernikahan usia dini di Desa Kelayu Utara adalah faktor lingkungan dan faktor budaya. Upaya yang telah dilakukan oleh Pemerintah Desa Kelayu Utara Kecamatan Selong Kabupaten Lombok Timur untuk menekan laju pernikahan anak usia dini adalah dengan sosialisasi pada acara-acara tertentu yang di selenggarakan dengan masyarakat Desa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pernikahan Anak Usia Dini, Faktor dan Upaya
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 26 Jul 2023 07:37
Last Modified: 26 Jul 2023 07:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41776

Actions (login required)

View Item View Item