SISTEM INFORMASI MONITORING PERKEMBANGAN KEMAMPUAN BELAJAR ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TINGKAT SEKOLAH DASAR PADA SLBN 1 MATARAM BERBASIS WEBSITE

Meidina, Indriyani (2023) SISTEM INFORMASI MONITORING PERKEMBANGAN KEMAMPUAN BELAJAR ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TINGKAT SEKOLAH DASAR PADA SLBN 1 MATARAM BERBASIS WEBSITE. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
LAPORAN TUGAS AKHIR - F1D019061 - MEIDINA INDRIYANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL TUGAS AKHIR - F1D019061 - Meidina Indriyani.pdf

Download (652kB) | Preview
[img] Image
POSTER MEIDINA INDRIYANI - F1D019061.png
Restricted to ["security_typename_anyone" not defined]

Download (7MB)

Abstract

Anak berkebutuhan khusus memerlukan layanan pendidikan spesifik untuk menempuh jenjang pendidikan. Salah satu upaya pemerintah dalam bidang pendidikan adalah dengan menyelenggarakan pendidikan inklusif. Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) 1 Mataram merupakan salah satu lembaga pendidikan formal untuk tingkat sekolah dasar bagi anak berkebutuhan khusus. Namun, proses pengelolaan akademik pada SLBN 1 Mataram masih menggunakan proses manual yang tidak efektif dikarenakan proses pengelolaan nilai masi menggunakan cara yang konvensional atau dengan menggunakan metode pencatatan pada sebuah buku dan kertas. Selain itu, orang tua juga perlu mengetahui perkembangan akademik anak secara berkala agar dapat membantu meningkatkan perkembangan belajar anak. Oleh karena itu, perlu dirancang sebuah sistem informasi monitoring perkembangan kemampuan belajar anak berkebutuhan khusus tingkat sekolah dasar pada SLBN 1 Mataram berbasis website dengan fitur rekap nilai siswa dan output nilai siswa menggunakan metode prototyping yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja oleh orang tua. Berdasarkan hasil pengujian dengan menggunakan blackbox testing dan user acceptance test (UAT) didapatkan hasil bahwa semua fitur-fitur yang ada telah dinyatakan valid atau sesuai dan hasil pengujian UAT dari responden guru didapatkan hasil sebesar 85,7% dan hasil responden orang tua didapatkan hasil sebesar 88,4% sehingga sistem ini dapat dikatakan sudah layak untuk di gunakan di kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): – Sistem Informasi, Monitoring, Website, Anak Berkebutuhan Khusus, Prototyping.
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 27 Jul 2023 01:18
Last Modified: 27 Jul 2023 01:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41786

Actions (login required)

View Item View Item