PENGARUH PENAMBAHAN SPOILER TERHADAP AERODINAMIKA BODI MOBIL LISTRIK DENGAN MENGGUNAKAN ANSYS 2022R2

BURHA, NUDIN (2023) PENGARUH PENAMBAHAN SPOILER TERHADAP AERODINAMIKA BODI MOBIL LISTRIK DENGAN MENGGUNAKAN ANSYS 2022R2. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TA. Burhanudin (F1C018078) SIDANG revisi (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Berbagai cara untuk meningkatkan kestabilan suatu kendaraan terutama pada mobil, dengan cara mengurangi gaya angkat (CL), salah satunya dengan menambahkan beberapa aspek seperti pemasangan spoiler, jenis spoiler yang digunakan pada penelitian ini yaitu rear spoiler. Dengan penambahan rear spoiler ini akan memberikan gaya tekan (FD) pada mobil, sehingga daya cengkram roda dengan jalan lebih baik, membuat mobil lebih stabil pada saat dikendarai. Pada penelitian ini softwere yang digunakan adalah ANSYS 2022R2 dan bodi modil yang digunakan adalah mobil listrik FT-UNRAM yang dimodifikasi dengan penambahan rear spoiler. Profil rear spoiler menggunakan airfoil NACA 2412 dengan panjang chord 200 mm, thickness 25% dan variasi sudut serang mulai dari (0o , -4 o , -8 o ) dengan kecepatan mobil mulai dari 20 km/jam, 40 km/jam, 80 km/jam, 120 km/jam, 140 km/jam. Dalam penelitian ini langkah kerja yang dilakukan yaitu imfoort geometri 2D, membuat external volume, dan mengatur mesh, memilih solver execution, pengaturan refort plot dan jumlah iterasi, running dan simulation result. Nilai coefficient drag (CD) tertinggi pada bodi mobil yang dimodifikasi dengan penambahan rear spoiler pada variasi sudut serang -8 o pada kecepatan 140 km/jam yaitu 0,692, dan nilai coefficient drag terendah pada bodi base line model pada kecepatan 140 km/jam yaitu 0,548. Untuk meningkatkan kestabilan atau daya cengkram pada mobil bukan hanya tergantung dari tinggi nilai coefficient drag (CD), tetapi tinggi rendahnya nilai coefficient lift (CL) dan gaya tekan (FD). Dri penelitian ini nilai coefficient lift (CL) terendah yaitu 0,519 pada variasi sudut serang - 8 o , hal ini dipengaruhi oleh gaya tekan (FD) dengan nilai 635,460 N.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Airfoil, spoiler, rear spoiler, lift, drag, downforce, aerodinamic performance, NACA 2412, ANSYS 2020R2.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 27 Jul 2023 01:18
Last Modified: 27 Jul 2023 01:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41790

Actions (login required)

View Item View Item