RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI KAS BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN METODE EXTREME PROGRAMMING (STUDI KASUS PT. BANGUN BALE LOMBOK UTAMA)

Agil, Trieanto (2023) RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI KAS BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN METODE EXTREME PROGRAMMING (STUDI KASUS PT. BANGUN BALE LOMBOK UTAMA). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TUGAS AKHIR FINAL_F1D018002_Agil Trieanto.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal Tugas Akhir_Agil Trieanto_F1D018002.pdf

Download (648kB) | Preview
[img] Image
POSTER A3_AGIL TRIEANTO_F1D018002.jpg
Restricted to ["security_typename_anyone" not defined]

Download (474kB)

Abstract

Perusahaan kontraktor yang bergerak dibidang konstruksi seperti PT Bangun Bale Lombok Utama merupakan salah satu usaha pada bidang ekonomi yang berhubungan pada suatu perencanaan atau pelaksanaan serta pengawasan suatu kegiatan konstruksi dalam membentuk suatu bangunan. PT Bangun Bale Lombok Utama dalam kegiatan usahanya dibidang konstruksi dituntut untuk menerapkan sistem akuntansi yang sesuai dengan kondisi perusahaan. Salah satu sistem yang dituntut untuk digunakan oleh perusahaan yaitu sistem informasi akuntansi yang berupa penerimaan dan pengeluaran kas. Pada saat ini proses pengelolaan dan pencatatan data transaksi di PT Bangun Bale Lombok Utama masih menggunakan Microsoft Excel dan belum ter sistem secara komputerisasi. Berdasarkan data yang didapatkan dari wawancara yang telah dilakukan dengan akuntan PT Bangun Bale Lombok Utama diketahui pernah terjadi kesalahan saat mengolah data yang berdampak kepada laporan keuangan, yaitu pada saat meng-input-kan data ke Microsoft Excel masih terdapat data yang terlewat sehingga menyebabkan laporan keuangan yang tidak seimbang karena adanya kesalahan dalam pencatatan transaksi. Dengan menerapkan suatu sistem informasi akuntansi kas berbasis website memudahkan para akuntan dalam melakukan pendataan pada buku kas. Sistem informasi ini dibuat menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan Laravel sebagai framework dan Extreme Programming sebagai metode untuk pengembangannya. Extreme Programming dipilih karena membutuhkan komunikasi yang baik dan secara berkala dengan client untuk menyesuaikan kebutuhan pada sistem. Kebutuhan yang dimaksud adalah fitur-fitur seperti, pengelolaan kas keluar maupun masuk, pengelolaan rekap keuangan dan tampilan setiap fitur agar memudahkan penggunaan sistem. Sistem informasi ini terdiri dari 3 iterasi yang memiliki waktu pengerjaan sebanyak 32 hari. Pengujian sistem dilakukan dengan User Acceptance Testing dengan rata-rata persentase yang didapatkan sebesar 86,8%. Hasil tersebut dapat diindikasikan bahwa sistem berjalan dengan sesuai dan bisa dipahami dengan baik oleh client atau pengguna.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kontraktor, PT. Bangun Bale Lombok Utama, Sistem Informasi, Akuntansi, Extreme Programming, User Acceptance Testing.
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 27 Jul 2023 01:18
Last Modified: 27 Jul 2023 01:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41791

Actions (login required)

View Item View Item