PERENCANAAN INSTALASI PENGOLAHAN AIR LIMBAH (IPAL) PADA RUMAH MAKAN CEPAT SAJI DI TERONG TAWAH KABUPATEN LOMBOK BARAT Planning Of Wastewater Treatment Plants In Fast Food Resataurants In Terong Tawah West Lombok Barat Regency

TJOK ISTRI DWI PUSPITHA, DAMAYANTI (2023) PERENCANAAN INSTALASI PENGOLAHAN AIR LIMBAH (IPAL) PADA RUMAH MAKAN CEPAT SAJI DI TERONG TAWAH KABUPATEN LOMBOK BARAT Planning Of Wastewater Treatment Plants In Fast Food Resataurants In Terong Tawah West Lombok Barat Regency. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TUGAS AKHIR_TJOK ISTRI DWI PUSPITHA DAMAYANTI_F1A019178.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
ARTIKEL_TJOK ISTRI DWI PUSPITHA DAMAYANTI_F1A019178.pdf
Restricted to ["security_typename_anyone" not defined]

Download (764kB)

Abstract

Seiring dengan banyaknya permintaan masyarakat yang menginginkan jasa servis makanan yang cepat, praktis dan bervariatif yang menyebabkan banyaknya peluang bagi pembangunan rumah makan yang ada pada setiap kota. Berkembangnya rumah makan yang semakin pesat dapat dipastikan akan menambah jumlah buangan air limbah domestik yang memiliki kandungan senyawa organik dan bahan kimia yang tinggi seperti minyak, deterjen dan limbah sayuran. Limbah rumah makan dapat mencemari lingkungan jika tidak dikelola dengan baik dan dapat merusak kesehatan manusia dan hewan. Oleh karena itu solusi yang paling efisien dilakukan adalah perlu adanya suatu perencanaan instalasi pengolahan air limbah pada kegiatan rumah makan tersebut yang berfungsi untuk menurunkan atau menghilangkan kadar senyawa organik yang berbahaya yang terdapat pada air limbah. Sehingga pada saat dibuang ke badan air sudah memenuhi baku mutu kualitas air serta meminamlisir terjadinya pencemaran lingkungan. Pada perencanaan instalasi pengolahan air limbah pada rumah makan di Terong Tawah ini menggunakan metode biofilter dan juga mempertimbangkan beberapa hal seperti dimensi, volume, dan kedalaman untuk memudahkan pemeliharaan. Dalam perencanaan ini meliputi pengumpulan data primer dan sekunder, perhitungan dimensi unit IPAL, penggambaran desain IPAL serta perhitungan anggaran biaya masingmasing unit IPAL. Desain instalasi pengolahan air limbah dalam perencanaan rumah makan ini terdiri dari bebearapa bak pengolahan seperti bak pemisah minyak dan lemak dengan dimensi 0,7 m x 0,5 m x 0,5 m; bak ekualisasi dengan dimensi 2 m x 1 m x 0,7 m; bak pengendapan awal dengan dimensi 1,4 m x 0,7 m x 0,7 m; bak biofilter anaerob dengan dimensi 2 m x 1 m x 1 m; bak biofilter aerob dengan dimensi 1,4 m x 0,7 m x 1 m; dan bak pengendapan akhir dengan dimensi 1 m x 0,5 m x 0,5 m. Rencana anggaran biaya yang dibutuhkan untuk pembangunan instalasi pengolahan air limbah pada rumah makan ini sebesar Rp 37.200.000,00.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): limbah cair, rumah makan, cepat saji, IPAL, biofilter
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 27 Jul 2023 01:26
Last Modified: 27 Jul 2023 01:26
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41792

Actions (login required)

View Item View Item