KOMUNIKASI PARTISIPATIF DALAM UPAYA MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DESA WISATA SEDAU (Studi di Wisata Alam Gunung Jae)

Debi Jihan Umaira, Muna (2023) KOMUNIKASI PARTISIPATIF DALAM UPAYA MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DESA WISATA SEDAU (Studi di Wisata Alam Gunung Jae). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI Debi Jihan Umaira Muna.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL Debi Jihan Umaira Muna.pdf

Download (360kB) | Preview

Abstract

Kini wisata alam adalah salah satu konsep wisata yang sedang diminati masyarakat luas. Wisata Alam Gunung Jae merupakan salah satu potensi Desa Wisata Sedau yang sedang dalam pengembangan yang melibatkan partisipasi dan kerjasama masyarakat sekitar dalam memaksimalkan keberlangsungannya. Salah satu bentuk pengembangan pariwisata adalah desa wisata karena dapat membawa manfaat ekonomi bagi masyarakat pedesaan dan mengimbangi pembangunan desa untuk mencapai kesejahteraan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui komunikasi partisipatif dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Wisata Sedau di kawasan Wisata Gunung Jae. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada proses partisipatif yang dilaksanakan, masyarakat belum sepenuhnya terlibat. Partisipasi masyarakat diwakili oleh POKDARWIS dan terbilang banyak sebagai pelaku UMKM di wisata. Sampai saat ini, Wisata Alam Gunung Jae baru mampu berpengaruh pada peningkatan aspek kesejahteraan dari segi materi dan spiritual saja, hal ini dapat dilihat dari lapangan pekerjaan yang tersedia bagi masyarakat dan semakin membaiknya moral masyarakat. Sehingga, wisata belum dapat dikatakan berdampak bagi kesejahteraan masyarakat secara sempurna.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kesejahteraan Masyarakat, Komunikasi Partisipatif
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 28 Jul 2023 01:41
Last Modified: 28 Jul 2023 01:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41799

Actions (login required)

View Item View Item