PENGARUH KOMBINASI PEMBERIAN PAKAN PELET DAN PAKAN NABATI YANG BERBEDA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP BENIH IKAN GURAMI (Osphronemus gouramy)

BAIQ ENDANG, ADININGSIH (2023) PENGARUH KOMBINASI PEMBERIAN PAKAN PELET DAN PAKAN NABATI YANG BERBEDA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP BENIH IKAN GURAMI (Osphronemus gouramy). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI Baiq Endang (C1K016021).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Artikel Jurnal Bq Endang Adiningsih (C1K016021).pdf

Download (344kB) | Preview

Abstract

Ikan gurami (Osphronemus gouramy) merupakan salah satu komoditas perikanan air tawar yang banyak diminati oleh masyarakat, baik oleh konsumen maupun para pembudidaya. Ikan gurami banyak disukai konsumen karena rasanya yang lezat dan gurih, sedangkan oleh para pembudidaya, ikan gurami disukai karena memiliki harga jual yang lebih tinggi dibandingkan dengan komoditi perikanan air tawar lainnya. Pakan merupakan salah satu komponen penting dalam kegiatan budidaya ikan. Pakan merupakan sumber materi dan energi untuk menunjang pertumbuhan dan kelangsungan hidup ikan, disisi lain pakan juga merupakan komponen terbesar 50-70 % dari biaya produksi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian pakan kombinasi antara pelet dengan pakan nabati terhadap pertumbuhan dan kelangsungan hidup ikan gurami dan melihat jenis pakan nabati yang terbaik. Hasil penelitian berupa hasil parameter uji yang diukur selama penelitian yaitu pertumbuhan berat mutlak, pertumbuhan berat spesifik, pertumbuhan panjang mutlak, pertumbuhan panjang spesifik, rasio konversi pakan (FCR), tingkat efisiensi pakan (EPP), dan tingkat kelangsungan hidup (SR). Serta data kualitas air meliputi derajat keasaman (pH), suhu, oksigen terlarut (DO), amoniak dan alkalinitas. Hasil pengukuran parameter menunjukkan bahwa perlakuan P4 menunjukkan hasil terbaik pada setaip parameter yang telah diamati. Pengaruh pemberian kombinasi pakan pelet dan pakan nabati pada budidaya benih ikan gurami (Osphronemus gouremy) memberikan hasil yang tidak signifikan terhadap pertumbuhan berat mutlak, pertumbuhan berat spesifik, pertumbuhan panjang mutlak, pertumbuhan panjang spesifik, rasio konversi pakan, tingkat efisiensi pakan, dan tingkat kelangsungan hidup ikan gurami. Perlakuan 3 (campuran pelet dan daun pepaya) memberikan hasil yang terbaik dibandingakan dengan perlakuan lainnya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Ikan gurame, pakan ikan, daun papaya, daunt alas, daun kangkung
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 28 Jul 2023 01:41
Last Modified: 28 Jul 2023 01:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41805

Actions (login required)

View Item View Item