RANCANG BANGUN OTOMATISASI PAKAN DAN MINUM BURUNG BERBASIS INTERNET OF THINGS (IoT) (Studi Kasus Bro Bird Farm di Lombok Barat)

Zied, Fariz (2023) RANCANG BANGUN OTOMATISASI PAKAN DAN MINUM BURUNG BERBASIS INTERNET OF THINGS (IoT) (Studi Kasus Bro Bird Farm di Lombok Barat). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Laporan TA - Zied Fariz - F1D018096.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal TA -Zied Fariz-F1D018096.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
POSTER.pdf

Download (432kB) | Preview

Abstract

Bro Bird Farm merupakan salah satu peternakan burung perkutut bangkok, di mana peternakan ini membagi perawatan menjadi 2 yaitu perawatan untuk perkembangbiakan burung dan menjaga suara burung. Perawatan ini dilakukan dengan pemberian pakan, minum yang berbeda, dan ukuran sangkar dan vitamin burung. Perawatan untuk menjaga suara burung dilakukan pemberian pakan dan minum sebanyak 1-2 hari sekali, dan pemberian vitamin. sedangkan perawatan untuk perkembangbiakan burung hanya dilakukan pemberian pakan sebanyak 3-4 kali sehari. Dikarenakan terdapat penjadwalan yang berbeda, sering kali peternak lupa dalam pemberian pakan dan minum burung yang sedang dikembangbiakkan. Dengan membuat sistem Internet of Things (IoT), Peternakan dapat melakukan pemberian pakan dan minum secara otomatis. otomatisasi pemberian pakan dan minum burung dapat dilakukan dengan menggunakan microcontroller NodeMCU ESP8266 yang akan dihubungkan dengan sensor seperti sensor ultrasonic dan sensor water level sebagai pengukur banyak pakan dan air pada kandang burung. Microcontroller juga dihubungkan dengan motor servo sebagai pemberi pakan dan water pump sebagai pemberi air minum burung. Sistem IoT ini menggunakan protokol MQTT (Message Queue Telemetry Transport) sebagai alat komunikasi data pada sistem yang akan dibuat. Sistem yang akan dibuat menggunakan website sebagai antarmuka untuk melakukan monitoring pada sistem. Dengan adanya sistem ini, peternakan dapat melakukan pemberian pakan dan minum burung secara otomatis dan dapat me-monitoring melalui website. Hal ini diharapkan dapat membantu peternakan Bro Bird Farm dalam merawat burung perkutut.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Burung, IoT, NodeMCU, Monitoring, Otomatisasi pakan burung
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 28 Jul 2023 01:41
Last Modified: 28 Jul 2023 01:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41806

Actions (login required)

View Item View Item