ANALISIS EFEKTIVITAS BIAYA OBAT ANTIHIPERTENSI AMLODIPIN DAN CANDESARTAN DI INSTALASI RAWAT INAP RUMAH SAKIT UNIVERSITAS MATARAM TAHUN 2021

NUNUNG USWATUN, HASANAH (2023) ANALISIS EFEKTIVITAS BIAYA OBAT ANTIHIPERTENSI AMLODIPIN DAN CANDESARTAN DI INSTALASI RAWAT INAP RUMAH SAKIT UNIVERSITAS MATARAM TAHUN 2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
NASKAH SKRIPSI_NUNUNG USWATUN HASANAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL SKRIPSI_ANALISIS EFEKTIVITAS BIAYA OBAT ANTIHIPERTENSI AMLODIPIN DAN CANDESARTAN.pdf

Download (592kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PPT SEMINAR TA 2 NUNUNG.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Hipertensi merupakan silent killer yang dapat memicu komorbid atau penyakit penyerta hingga menyebabkan kematian. Terapi hipertensi pada pasien diberikan dalam jangka waktu yang lama bahkan seumur hidup sehingga memicu peningkatan biaya terapi. Terapi pasien hipertensi dapat menggunakan golongan CCB seperti amlodipin atau golongan ARB seperti candesartan dimana kedua obat tersebut memiliki perbedaan biaya yang signifikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas biaya amlodipin dan candesartan pada pasien hipertensi dengan menentukan rasio nilai ACER dan ICER melalui perspektif Rumah Sakit. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling dengan jumlah sampel yang memenuhi kriteria sebanyak 18 dengan masing-masing 14 pasien yang mendapat terapi amlodipin dan 4 pasien lainnya dengan terapi candesartan serta menggunakan data retrospektif pada tahun 2021. Data yang diambil yaitu data biaya langsung medis seluruh pasien hipertensi dengan kode ICD-10 (I11). Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret hingga Mei 2023. Data kemudian diolah menggunakan Microsoft excel serta analisis statistik SPSS menggunakan uji komparatif Mann-Whitney untuk membandingkan perbedaan biaya kedua terapi. Hasil penelitian menunjukkan efektivitas biaya antihipertensi amlodipin dan candesartan menggunakan ACER diperoleh Rp. 74.851,15 dan Rp. 87.809,25 serta nilai ICER yang diperoleh Rp. 362.768. Hasil analisis yang diperoleh menunjukkan bahwa amlodipin lebih cost-effective dibandingkan candesartan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): hipertensi, amlodipin, candesartan, analisis efektivitas biaya
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 28 Jul 2023 01:41
Last Modified: 28 Jul 2023 01:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41807

Actions (login required)

View Item View Item