EVALUASI NILAI PENYUSUTAN ALAT BERAT DENGAN METODE GARIS LURUS (STRAIGHT LINE METHOD) PADA PEMBANGUNAN JALAN BYPASS BANDARA INTERNATIONAL LOMBOK (BIL) MANDALIKA 2

I Gede Putu Yogi, Pratama (2023) EVALUASI NILAI PENYUSUTAN ALAT BERAT DENGAN METODE GARIS LURUS (STRAIGHT LINE METHOD) PADA PEMBANGUNAN JALAN BYPASS BANDARA INTERNATIONAL LOMBOK (BIL) MANDALIKA 2. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TugasAkhir_I Gede Putu Yogi Pratama_F1A019064.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
Artikel Ilmiah I Gede Putu Yogi Pratama (F1A019064).pdf

Download (873kB) | Preview

Abstract

Mengoperasikan alat yang nilainya telah menyusut secara terus menerus sehingga mengeluarkan biaya yang tidak sesuai dengan keadaan alat yang digunakan. Maka dari itu dilakukan analisa terkait nilai penyusutan alat berat agar mengetahui nilai penyusutan alat beserta harga alat setelah proyek dilakukan dan pada penelitian ini dianalisa alat setelah proyek pembangunan Jalan Bypass Mandalika 2. Untuk mengetahui nilai penyusutan dan nilai alat setelah proyek pembangunan Jalan Bypass Mandalika 2, telah dilakukan analisa nilai penyusutan dengan metode garis lurus (straight line method) menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Metode garis lurus (straight line method) melibatkan perhitungan yang dihasilkan oleh harga pembelian alat berat dikurangi dengan nilai sisa alat berat yang di mana nilai sisa didapatkan dari kondisi alat yang dikalikan dengan harga pembelian alat berat, selanjutnya dibagi dengan umur ekonomis alat. Hasil analisa pada penelitian ini ditunjukkan dalam bentuk angka bahwa penyusutan yang terjadi akan semakin tinggi apabila alat tersebut dalam kondisi yang tidak baik dan akan menghasilkan nilai penyusutan yang lebih rendah apabila alat dalam kondisi yang baik. Harga alat setelah proyek sangat tergantung pada nilai penyusutan alat itu sendiri semakin tinggi penyusutan maka harga alat akan semakin rendah dan apabila nilai penyusutan dihitung berdasarkan biaya operasional maka penyusutan akan semakin tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Alat berat, Nilai Penyusutan, Metode Garis Lurus
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 28 Jul 2023 01:41
Last Modified: 28 Jul 2023 01:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41808

Actions (login required)

View Item View Item