TRANSPORTASI BENIH IKAN KOI (Cyprinus carpus) DENGAN MENGGUNAKAN EKSTRAK BUNGA KAMBOJA PUTIH (Plumeria alba) SEBAGAI ANESTESI

Tri Mulyo, Suseno (2023) TRANSPORTASI BENIH IKAN KOI (Cyprinus carpus) DENGAN MENGGUNAKAN EKSTRAK BUNGA KAMBOJA PUTIH (Plumeria alba) SEBAGAI ANESTESI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Laporan Penelitian Tri Mulyo Suseno C1K016098.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal Tri Mulyo Suseno_C1K016098.pdf

Download (778kB) | Preview

Abstract

Permasalahan proses transportasi benih ikan koi adalah masih mudahnya stress yang bisa mengakibatkan ikan mengalami kematian dikarenakan jarak yang jauh maupun waktu tempuh yang lama. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dosis bunga kamboja putih (Plumeria alba sp.) terhadap kelulushidupan benih ikan koi (Cyprinus carpus) dan berapa banyak dosis bunga kamboja putih (Plumeria alba sp.) yang diperlukan agar aman dalam anestesi benih ikan koi (Cyprinus carpus). Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan perlakuan 5 dan 3 kali pengulangan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis ragam (ANOVA) dengan tingkat kepercayaan 95%. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Tingkat kelansgungan hidup benih ikan koi dicapai selama transportasi 6 jam (P3) pada ulangan pertama dan ketiga dengan jumlah benih ikan masih hidup 100%. Sedangkan kelangsungan hidup terendah ada pada (P5) ulangan ketiga dimana benih ikan koi hanya bertahan 3 ekor selama pengiriman 6 jam. Pada pengulangan kedua DO pada air mengalami penurunan dan berada dibawah standart DO yaitu 5,2 – 6.9 ml/L. Pada (P1) kontrol menunjukkan bahwa DO akhir setelah penambahan ekstrak bunga kamboja putih mengalami penurunan hingga 0,9. Begitu pula pada P2,P3,P4 dan P5. Waktu pulih benih ikan koi tercepat ada pada (P2) dengan konsentrasi bunga kamboja putih yaitu 2.249 detik. Sedangkan waktu pulih terlama ada pada (P5) dengan konsentrasi 9 ml/L. Pemberian ekstrak bunga kamboja dengan konsentrasi yang berbeda memberikan pengaruh nyata terhadap kelangsungan hidup benih ikan koi untuk transportasi. Untuk jumlah konsentrasi ekstrak bunga kamboja putih dalam media transportasi benih ikan koi yang diperlukan agar aman dalam anestesi yaitu 6 ml/L dengan jumlah kelangsungan hidup yang tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Benih Ikan Koi, Bunga Kamboja Putih, Transportasi
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 28 Jul 2023 01:41
Last Modified: 28 Jul 2023 01:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41812

Actions (login required)

View Item View Item