PENGARUH MODEL AIR (AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION) BERBANTUAN POSTER TERHADAP HASIL BELAJAR SOSIOLOGI

JIHATUL, HADI (2023) PENGARUH MODEL AIR (AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION) BERBANTUAN POSTER TERHADAP HASIL BELAJAR SOSIOLOGI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
JIHATUL HADI (E1S019044) SKRIPSI KUANTITATIF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
JIHATUL HADI (E1S019044) ARTIKEL SKRIPSI.pdf

Download (557kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah mode1 AIR (Auditory Intellectualy Repetition) berbantuan media poster memiliki pengaruh atau tidak terhadap hasil belajar sosiologi. Setiap siswa yang berada di kelas XI-IPS di SMAN 01 Wanasaba menjadi populasi dalam penelitian ini. Sampel diambil dengan teknik pengambilan simple random sampling setelah penyesuaian kelas. Jenis eksperimen semu (quasi experiment) digunakan pada metode penelitian ini dengan posttest only with nonequivalent control group design dengan memanfaatkan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol dan memberikan posttest tanpa pretest. Metode pengumpulan data menggunakan tes objektif pilihan ganda yang telah diuji validitas, tingkat kesukaran soal, reliabilitas, keefektifan pengecoh dan daya beda. Uji T Two Independent Sample digunakan untuk menganalisis data penelitian secara kuantitatif. Berdasarkan uji parametrik, terbukti bahwa model AIR (Auditory Intellectually Repetition) berbantuan poster berpengaruh pada hasil belajar sosiologi. Secara teoritis, ini berarti bahwa penggunaan model AIR (Auditory Intellectually Repetition) akan membantu memperkuat teori pembelajaran, terutama yang berbasis konstruktivisme dan kognitivisme

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Hasil Belajar, Auditory Intellectually Repetition, Poster.
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 28 Jul 2023 01:41
Last Modified: 28 Jul 2023 01:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41814

Actions (login required)

View Item View Item