PENGARUH KERAPATAN TANAMAN REFUGIA KACANG TANAH TERHADAP INTENSITAS SERANGAN HAMA ULAT DAUN (Spodoptera exigua hubner) PADA BAWANG MERAH

Filadoris Jodi Putra, Nangur (2023) PENGARUH KERAPATAN TANAMAN REFUGIA KACANG TANAH TERHADAP INTENSITAS SERANGAN HAMA ULAT DAUN (Spodoptera exigua hubner) PADA BAWANG MERAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FILADORIS JODI PUTRA NANGUR (C1M016050).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL ILMIAH FILADORIS JODI PUTRA NANGUR.pdf

Download (580kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi yang konprehensif tentang invasi, kolonisasi dan intensitas serangan hama Spodoptera exigua Hubner., pada tanaman bawang merah dengan beberapa tingkat kerapatan tanaman refugia kacang tanah. Metode penelitian eksperimen, dengan rancangan acak lengkap yang terdiri atas lima perlakuan kerapatan populasi refugia, yitu R0 tanaman bawang merah tampa perlakuan refugia tanaman kacang tanah, R1, R2, R3 dan R4 tanaman bawang merah dengan perlakuan refugia 1, 2, 3 dan 4 baris tanaman kacang tanah yang ditatam pada sisi guludan bawang merah yang jaraknya 10 cm dari barisan tanaman bawang merah terluar. Parameter yang diamati meliputi intensitas serangan hama S. exigua dan bobot umbi segar bawang merah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Perlakuan kerapatan refugia kacang tanah pada bawang merah berpengaruh terhadap intensitas serangan hama S. exigua dan hasil bawang merah. Tanaman bawang merah dengan tanpa refugia dan refugia satu baris tanaman kacang tanah mengalami intensitas serangan hama S. exigua dengan kreteria sedang, dengan persentase serangan berkisar antara >20% - ≤40%. Tanaman bawang merah dengan refugia 2, 3 dan 4 baris tanaman kacang tanah mengalami intensitas serangan hama S.exigua dengan kreteria sangat rendah, dengan persentase serangan berkisar antara > 0% - ≤ 10%. Tanaman bawang merah yang mengalami serangan hama S.exigua dengan kreteria sangat rendah, hasil bobot umbi segar yang diperoleh lebih tinggi dibandingkan dengan tanaman yang mengalami serangan sedang. Hubungan tanaman bawang merah yang terserang hama S. exigua dengan hasil bobot umbi segarnya menunjukkan korelasi yang kuat, signifikan dan berkorelasi negatif.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): bawang merah, hama, kacang tanah, refugia, serangan
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 28 Jul 2023 01:41
Last Modified: 28 Jul 2023 01:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41817

Actions (login required)

View Item View Item