PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERORIENTASI KECERDASAN NATURALIS SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS VII MTS/SMP DI KOTA MATARAM

MIFTAHUL, KHAIR (2023) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERORIENTASI KECERDASAN NATURALIS SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS VII MTS/SMP DI KOTA MATARAM. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TESIS_Miftahul Khair_09 - Final.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
JCAR Miftahul Khair.pdf

Download (388kB) | Preview

Abstract

Miftahul Khair. 2023.Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berorientasi Kecerdasan Naturalis Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas VII MTS/SMP Di Kota Mataram. Tesis. Program Studi Magister Pendidikan IPA, Pascasarjana Universitas Mataram dibawah bimbingan Drs. Lalu Zulkifli, M. Si., Ph. D Selaku Pembimbing I dan Dr. Prapti Sedijani, M.Sc., Ph. D sebagaiPembimbing II Bahan ajar berbentuk modul berorientasi kecerdasan naturalis adalah salah satu solusi dari permasalahan yang ada pembelajaran. Dewasa ini sebagian besar pembelajaran masih ditekankan pa da teori, belum banyak penekanan pada pengalaman langsung siswa di lingkungan sekitarnya, sehingga kesadaran naturalis belum optimal. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan modul yang layak, praktis, dan efektif meningkatkan kecerdasan naturalis peserta didik. Model yang digunakan dalam pengembangan modul tersebut adalah model 4D untuk menghasilkan modul dan untuk menguji keefektifan modul tersebut sebagai produk riset ini. Subyek penelitian terdiri atas dua sekolah SMP/MTs yang ada di Kota Mataram, yang ditentukan menggunakan Teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan meliputi lembar validasi, angket respon guru dan peserta didik, serta instrumen penilaian kecerdasan naturalis. Data kelayakan dan kepraktisan dianalisis menggunakan rumus rata-rata persentase, dan data keefektifan dianalisis menggunakan rumus N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan Modul layak digunakan dalam proses pembelajaran dengan nilai rata-rata penilaian validator sebesar 77,25% untuk isi, 78,33% penyajian dan 90,00% untuk bahasa. Modul berorientasi kecerdasan naturalis sangat praktis digunakan dengan nilai rata-rata respon peserta didik sebesar 83,79% dan nilai rata-rata respon guru sebesar 88,58%. Modul IPA berorientasi kecerdasan naturalis yang dihasilkan ini efektif untuk meningkatkan kecerdasan naturalis peserta didik dengan nilai N-Gain kecerdasan naturalis 0,59 dalam kategori sedang. Hasil tersebut menggambarkan bahwa Modul yang telah dikembangkan tersebut memiliki tingkat kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan yang baik untuk digunakan dalam pembelajar an IPA, sebagai upaya meningkatkan kecerdasan naturalis peserta didik SMP/MTs.

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): Bahan Ajar, Modul, Kecerdasan Naturalis. SMP/MTS, Kota Mataram
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 31 Jul 2023 00:37
Last Modified: 31 Jul 2023 00:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41829

Actions (login required)

View Item View Item