EVALUASI PENGGUNAAN ANTIBIOTIK PADA PASIEN RAWAT INAP DENGAN METODE DDD (DEFINED DAILY DOSE) DI RUMAH SAKIT UNRAM TAHUN 2021

ENDA DESIDERIA, PUTRI (2023) EVALUASI PENGGUNAAN ANTIBIOTIK PADA PASIEN RAWAT INAP DENGAN METODE DDD (DEFINED DAILY DOSE) DI RUMAH SAKIT UNRAM TAHUN 2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI EDP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
SJP - Jurnal EDP.pdf

Download (585kB) | Preview

Abstract

Intensitas penggunaan antibiotik yang tinggi dan tidak bijak menjadi penyebab meningkatnya angka kejadian resistensi di rumah sakit. Pengendalian resistensi di rumah sakit dapat diupayakan melalui adanya evaluasi penggunaan antibiotik. Penelitian terkait evaluasi penggunaan antibiotik pada tahun 2021 masih belum dilakukan di Rumah Sakit Unram. Tujuan penelitian ini adalah mengevaluasi secara kuantitatif penggunaan antibiotik pada pasien rawat inap di Rumah Sakit Unram. Penelitian ini merupakan penelitian Cross Sectional dengan pendekatan kuantitatif dan pengambilan data dilakukan secara retrospektif yang dilakukan pada penelusuran rekam medis di tahun 2021.Populasi pada penelitian ini adalah pasien rawat inap yang menerima peresepan obat antibiotik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah jenis Purposive Sampling dengankriteria inklusi dan eksklusi.Data penggunaan antibiotik diperoleh melalui 121 sampel rekam medis yang diolah secara deskriptif dan dievaluasi dengan menggunakan metode ATC/DDD. Hasil penelitianmenunjukkan nilai kuantitas DDD ceftriaxone adalahsebesar 42.75 DDD/100 hari rawat inap, cefixime sebesar34.16 DDD/100 hari rawat inap, levofloxacin(IV) sebesar 20.93 DDD/100 hari rawat inap, dan azithromycin sebesar 15.05 DDD/100 hari rawat inap. Pada penelitian ini, ceftriaxone memiliki nilai kuantitas DDD/100 hari rawat inap tertinggi dibandingkan dengan antibiotik lainnya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): antibiotik, ATC, DDD, pasien rawat inap
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 31 Jul 2023 00:37
Last Modified: 31 Jul 2023 00:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41830

Actions (login required)

View Item View Item