PENGARUH PEMBERIAN POC LIMBAH BUAH NANAS (Ananas comosus L.) TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN PAKCOY (Brassica rapa L.)

Yudi, Pratama (2023) PENGARUH PEMBERIAN POC LIMBAH BUAH NANAS (Ananas comosus L.) TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN PAKCOY (Brassica rapa L.). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
YudiPratama (C1M017145)-SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Artikel ilmiah Yudi Pratama_C1M017145.pdf

Download (464kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh berbagai konsentrasi pupuk organik cair limbah buah nanas terhadap pertumbuhan dan hasil pakcoy. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental yang dilakukan di dalam rumah plastik. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (Compelete Randomized Design) dengan satu faktor perlakuan yaitu konsentrasi pupuk organik cair (K1= 25% POC, K2= 50% POC, K3= 75% POC dan K4= 100% POC) yang di tambahkan satu fakor perlakuan pupuk anorganik (K0= NPK Mutiara 16:16:16). Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor berbagai konsentrasi pupuk organik cair berpengaruh nyata terhadap parameter pertumbuhan jumlah daun dan laju pertambahan jumlah daun sedangkan pada tinggi tanaman dan laju pertambahan tinggi tanaman tidak berpengaruh nyata. Kemudian pada paremeter hasil yaitu bobot bersih tanaman, bobot akar tanaman, dan bobot berangkasan pucuk tanaman dari perlakuan berbagai konsentrasi pupuk organik cair tidak berpengaruh nyata.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pakcoy, Pupuk organik cair, limbah buah nanas.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 31 Jul 2023 00:37
Last Modified: 31 Jul 2023 00:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41838

Actions (login required)

View Item View Item