ANALISA AERODINAMIK MODEL TURBIN ANGIN DENGAN COMPUTATIONAL FLUID DYNAMICS (CFD) FLOW

Fahri, Hamdani (2023) ANALISA AERODINAMIK MODEL TURBIN ANGIN DENGAN COMPUTATIONAL FLUID DYNAMICS (CFD) FLOW. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TA_F1C016028_FAHRI HAMDANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
PAPER_TA_F1C016028_FAHRI HAMDANI.pdf

Download (714kB) | Preview

Abstract

Energi menjadi kebutuhan mendasar bagi keberlangsungan hidup manusia. Adapun untuk energi angin, energi ini memiliki sejumlah keuntungan dan manfaat. Salah satu bagian yang berperan penting dalam penggunaan energi angin yaitu turbin angin. Turbin angin disini dapat mengubah energi kecepatan angin menjadi energi mekanik yang bisa digunakan untuk membangkitkan tenaga listrik. Dalam penelitian ini dilakukan dengan metode simulasi mengunakan software Autodesk Inventor dan Autodesk Computational Fluid Dynamic yang bertujuan untuk mengetahui torsi dan daya pada masing-masing variasi kecepatangan angin. Variasi dilakukan pada turbin dengan 3 blade dan kecepatan angin input pada inlet wall dari boundary condition 3 m/s-12 m/s. Hasil penelitian ditampilkan dalam bentuk grafik kecepatan angin terhadap putaran rotor, jumlah 3 blade dan kecepatan angin terhadap torsi dan daya rotor. Pada setiap variasi kecepatan angin berbanding lurus dengan putaran turbin, torsi dan daya yang berarti semakin besar kecepatan angin maka putaran turbin, torsi dan daya Horizontal Axis Wind Turbine (HAWT) semakin besar. Torsi yang diperoleh pada turbin 3 blade k-epsilon dengan v = 3 m/s adalah 0,969 N.m dan v = 12 m/s adalah 12,061 N.m. sedangkan k-omega dengan v = 3 m/s adalah 0,505 N.m dan v = 12 m/s adalah 7,903 N.m. 4. Untuk daya yang diperoleh pada turbin 3 blade k-epsilon dengan v =3 m/s adalah 25,760 Watt dan v =12 m/s adalah 1282,503 Watt. sedangkan k-omega dengan v =3 m/s adalah 13,445 Watt dan v =12 m/s adalah 840,332 Watt.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Energi, turbin angin, horizontal axis wind turbine (HAWT), autodesk computational fluid dyanamic, k-epsilon dan k-omega.
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 31 Jul 2023 00:37
Last Modified: 31 Jul 2023 00:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41840

Actions (login required)

View Item View Item