HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DENGAN PERILAKU SWAMEDIKASI ANALGESIK PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI FARMASI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MATARAM

Nabila Maulida, Al-Idrus (2023) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DENGAN PERILAKU SWAMEDIKASI ANALGESIK PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI FARMASI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_NABILA MAULIDA ALIDRUS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL_Nabila Maulida .pdf

Download (440kB) | Preview

Abstract

Swamedikasi merupakan upaya penyembuhan secara mandiri. Swamedikasi berhubungan dengan tingkat pengetahuan individu yang akan memengaruhi perilaku. Salah satu kelompok masyarakat yang melakukan swamedikasi adalah mahasiswa. Apabila terkait dengan penggunaan obat, mahasiswa kesehatan dinilai memiliki pengetahuan serta perilaku yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan hubungan tingkat pengetahuan dengan perilaku swamedikasi analgesik pada mahasiswa Program Studi Farmasi Fakultas Kedokteran Universitas Mataram. Penelitian ini merupakan penelitian observasional yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian cross sectional dan melibatkan 198 responden dengan batas kesalahan 5%. Data penelitian diambil menggunakan kuesioner melalui Google Form. Analisis hubungan variabel tingkat pengetahuan dan perilaku dilakukan dengan uji korelasi Spearman. Mahasiswa yang memiliki tingkat pengetahuan baik terkait swamedikasi analgesik (84,34%) dan cukup (15,65%), serta tidak ada mahasiswa yang berpengetahuan kurang baik dan tidak baik. Pada perilaku swamedikasi analgesik, mahasiswa yang berperilaku Positif (48,49%) dan Negatif (51,51%). Hasil analisis korelasi antara tingkat pengetahuan dengan perilaku swamedikasi analgesik diketahui memiliki hubungan yang positif namun berada dalam kategori yang rendah (0,297). Terdapat hubungan antara tingkat pengetahuan dengan perilaku penggunaan analgesik dalam swamedikasi pada mahasiswa Program Studi Farmasi Universitas Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Analgesik, Swamedikasi, Tingkat Pengetahuan, Perilaku, Mahasiswa, Farmasi
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 31 Jul 2023 00:38
Last Modified: 31 Jul 2023 00:44
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41854

Actions (login required)

View Item View Item