Scaffolding Berdasarkan Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematis Menggunakan Integral tak Tentu

Rizkia, Pradani (2023) Scaffolding Berdasarkan Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematis Menggunakan Integral tak Tentu. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Rizkia Pradani (Skripsi).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
Text
artikel Rizkia.pdf

Download (343kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui scaffolding berdasarkan kesulitan siswa dalam menyelesaikan masalah matematis menggunakan materi integral tak tentu kelas XI SMA. Kurangnya kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika diakibatkan oleh kesulitan dalam memahami ide-ide yang menjadi material pembangun dari ide baru. untuk mereduksi kesulitan dengan teknik scaffolding, yang terdiri dari 5 langkah yakni: 1) menawarkan penjelasan, 2) meminta partisipasi siswa, 3) verifikasi dan klarifikasi pemahaman siswa, 4) memodelkan perilaku yang diinginkan, dan 5) meminta siswa untuk mengungkapkan petunjuk soal. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, yang mengambil data dengan memberikan masalah yang berkaitan dengan materi integral kesejumlah siswa kelas XI SMAN 4 Praya yang berjumlah 33 orang. Tahapan pemecahan masalah yang digunakan dalam penelitian ini adalah tahapan pemecahan masalah polya. Salain dari itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mereduksi kesulitan dengan scaffolding terhadap analisis tersebut diambil dari 6 orang siswa yang dianggap mewakili keseluruhan sampel, serta hasil scaffolding terhadap analisis kesulitan tersebut menyimpulkan bahwa scaffolding dapat membantu mereduksi kesulitan dalam menyelesaikan Journal of Classroom Action Research Juni 2023, Volume 5 Special Issue 304-314 305 masalah matematis, membantu siswa dalam membangun pemahaman dan memperoleh pemahaman yang cukup dan benar sesuai dengan kebutuhan siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Scaffolding, Kesulitan, Dan Penyelesaian Masalah.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 31 Jul 2023 01:18
Last Modified: 31 Jul 2023 01:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41857

Actions (login required)

View Item View Item