GURU PPKn DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP TANGGUNG JAWAB SOSIAL SISWA DI SMAN 1 SAKRA LOMBOK TIMUR

Ria Duana, Saptia (2023) GURU PPKn DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP TANGGUNG JAWAB SOSIAL SISWA DI SMAN 1 SAKRA LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI RIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Artikel (Ria ).pdf

Download (293kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui guru PPKn dalam mengembangkan sikap tanggung jawab sosial siswa di SMAN 1 Sakra dan mengetahui faktor penghambat guru PPKn dalam mengembangkan sikap tanggung jawab sosial siswa di SMAN 1 Sakra. Fokus penelitian ini adalah guru dan siswa dalam mengembangkan sikap tanggung jawab sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriftif. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tekhnik analisis data menggunakan Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Guru PPKn dalam mengembangkan sikap tanggung jawab sosial siswa sebagai pengajar, pembimbing, dan teladan. Sebagai pengajar guru melakukan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap perencanaan guru mempersiapkan RPP, menyusun materi dan media pembelajaran. Pada tahap pelaksanaan guru mempersiapkan buku paket atau media yang akan digunakan dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Pada tahap evaluasi guru melakukan evaluasi berupa ujian tulis, ujian lisan, tugas mandiri/pr dan kelompok pada siswa. Sebagai pembimbing guru mengajak siswa untuk selalu mematuhi tata tertib sekolah dan menggiring siswa untuk melakukan kerja bakti disekolah, peduli terhadap sesama teman dan saling membantu. Sebagai teladan guru memberikan contoh yang baik bagi siswa seperti, bersikap, bertutur kata, berprilaku baik, dan disiplin. (2) Faktor penghambat guru PPKn dalam mengembangkan sikap tanggung jawab sosial siswa yaitu diri sendiri, orang tua/keluarga, dan pergaulan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Guru, Tanggung Jawab Sosial, Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 31 Jul 2023 01:18
Last Modified: 31 Jul 2023 01:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41863

Actions (login required)

View Item View Item