PERENCANAAN PERKUATAN GEOSINTETIK SEBAGAI ALTERNATIF DINDING PENAHAN TANAH PADA STA 10+150 RUAS JALAN BYPASS BIL – MANDALIKA

BAIQ TIAS SYAHRANI, RAHAYU (2023) PERENCANAAN PERKUATAN GEOSINTETIK SEBAGAI ALTERNATIF DINDING PENAHAN TANAH PADA STA 10+150 RUAS JALAN BYPASS BIL – MANDALIKA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TUGAS AKHIR BAIQ TIAS SYAHRANI RAHAYU (F1A019031).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL BAIQ TIAS SYAHRANI RAHAYU (F1A019031).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Jalan ByPass BIL – Mandalika merupakan jalan yang dibangun untuk mendukung event ajang balap MotoGP, jalan ini memiliki panjang 17,36 kilometer yang menghubungkan antara Bandara International Lombok (BIL) dengan kawasan wisata Kuta Mandalika. Pada ruas jalan ini terdapat banyak lereng dari bukit maupun lereng yang terbentuk akibat galian dan timbunan pada saat pengerjaan jalan. Oleh karena itu, dibutuhkan dinding penahan tanah sebagai penahan dari lereng yang ada untuk mencegah terjadinya kelongsoran. Seiring dengan perkembangan rekayasa bangunan sipil, geosintetik banyak digunakan sebagai alternatif dari dinding penahan tanah. Penggunaan geosintetik sebagai dinding penahan tanah merupakan pengembangan dari konsep tanah bertulang (reinforced earth) yang ditemukan oleh Vidal di Perancis pada pertengahan tahun 1960. Direncanakan pada STA 10+150 akan dibuat perkuatan geosintetik. Data yang digunakan merupakan data sekunder proyek perencanaan jalan BIL – Mandalika. Analisis dilakukan secara manual dan menggunakan bantuan software Geo5. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh perkuatan geosintetik menggunakan 2 variasi panjang dan jarak yang berbeda yaitu untuk geosintetik dengan panjang 8 m menggunakan jarak 0,8 m sebanyak 5 lapis, dan untuk geosintetik dengan panjang 4 m menggunakan jarak 0,5 m sebanyak 4 lapis. Kedua variasi tersebut sama-sama menggunakan overlapping dengan panjang 1 m. Hasil perhitungan yang diperoleh telah memenuhi syarat stabilitas eksternal yang meliputi kegagalan guling, kegagalan geser, kegagalan daya dukung tanah, dan stabilitas internal yang meliputi kontrol putus tulangan dan kontrol cabut tulangan dari perhitungan manual maupun perhitungan menggunakan bantuan software Geo5.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): geosintetik, tanah bertulang, Geo5.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 31 Jul 2023 01:18
Last Modified: 31 Jul 2023 01:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41865

Actions (login required)

View Item View Item