STUDI TENTANG PENGAMBILAN KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM BELANJA ONLINE (Kasus Masyarakat di Kelurahan Babakan Kecamatan Sandubaya Kota Mataram)

HAERUN, NIDA (2023) STUDI TENTANG PENGAMBILAN KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM BELANJA ONLINE (Kasus Masyarakat di Kelurahan Babakan Kecamatan Sandubaya Kota Mataram). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (250kB) | Preview

Abstract

Berbagai faktor mempengaruhi perilaku konsumen dalam memutuskan berbelanja online. Saat membuat suatu keputusan pembelian, seorang konsumen dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui (1) bagaimana pengambilan keputusan konsumen dalam belanja online masyarakat yang ada di Kelurahan Babakan Kecamatan Sandubaya Kota Mataram (2) Apa saja faktor penyebab masyarakat melakukan belanja online di Kelurahan Babakan Kecamatan Sandubaya Kota Mataram (3) apa saja faktor yang mendorong untuk belanja onlinedi Kelurahan Babakan Kecamatan Sandubaya Kota Mataram. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah 30 warga Kelurahan Babakan yang memilih belanja online. Penentuan jumlah responden dilakukan secara Quota Sampling dan diambil secara Accidental Sampling. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah hasil kuisioner. Sumber data sekunder dalam penelitian ini adalah dokumen, penelitian terdahulu dan sumber lain yang berkaitan dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data primer dalam penelitian dengan menggunakan teknik survei. Variable dalam penelitian ini adalahpengambilan keputusan konsumen dalam belanja online, faktor pendorong belanja online dan faktor yang mempengaruhi belanja online. Analisis data yang akan digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode distribusi frekuensi. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Keputusan belanja online adalah keputusan yang diambil oleh konsumen untuk melakukan belanja online mulai dari keputusan mulai belanja online, keputusan memilih belanja online, jenis barang yang dibeli, situs online shop yang sering dilakukan untuk bertransaksi dan intenstitas belanja online dalam perbulan. (2) Faktor yang mempengaruhi belanja online seorang individu untuk belanja online antara lain faktor ekonomi, sosial dan budaya. Pada faktor ekonomi, alasan responden untuk belanja online adalah pendapatan yang sangat minim menyebabkan pengeluaran untuk belanja online pun sedikit sehingga responden tertarik pada penawaran diskon, harga yang murah dan kualitas yang sesuai harga. Pada faktor sosial, kemudahan belanja dari rumah menjadikan adanya kepuasan tersendiri. Selain itu, pelayanan pedagang yang sangat baik memutuskan konsumen lebih memilih belanja online. Pada faktor budaya, terjadi kemudahan transaksi antara penjual dan pembeli karena persepsi masyarakat tentang belanja online sangat baik. (3) Faktor pendorong belanja online pada Masyarakat Desa Babakan adalah karena adanya sistem pembayaran yang mudah, lokasi toko jauh dari rumah, praktis, promo atau diskon barang, nyaman, kelengkapan informasi produk, efisiensi biaya dan waktu. Itulah beberapa faktor pendorong belanja online sebagai pengambilan keputusan untuk lebih memilih belanja online.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Keputusan Konsumen, Belanja Online, Ekonomi, Sosial, Budaya
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 31 Jul 2023 23:50
Last Modified: 31 Jul 2023 23:50
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41881

Actions (login required)

View Item View Item