SALURAN PEMASARAN KEMIRI (Aleurites moluccana (L) Willd) DI HUTAN KEMASYARAKATAN OI RIDA DESA MARIA UTARA KECAMATAN WAWO KABUPATEN BIMA

Iga Tirta Mutia, Anggriani (2023) SALURAN PEMASARAN KEMIRI (Aleurites moluccana (L) Willd) DI HUTAN KEMASYARAKATAN OI RIDA DESA MARIA UTARA KECAMATAN WAWO KABUPATEN BIMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI Iga Tirta Mutia Anggriani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL Iga Tirta Mutia Anggriani.pdf

Download (669kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis saluran pemasaran kemiri, menganalisis farmer’s share (perbandingan harga) pada saluran pemasaran kemiri, dan mengetahui tingkat efisiensi pemasaran kemiri di Hutan Kemasyarakatan Oi Rida. Metode penelitian yang digunakan metode deskriptif, pendekatan kuantitatif digunakan untuk menganalisis margin pemasaran, keuntungan pemasaran,dan efisiensi pemasaran sedangkan pendekatan kualitatif digunakan untuk menganalisis saluran dan lembaga pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua saljuran pemasaran dalam sistem pemasaran di Hutan Kemasyarakatan Oi Rida. Analisis efisiensi pemasaran menunjukkan bahwa saluran yang efisien adalah saluran pemasaran satu (petani-pedagang pengumpul-pedagang pengecer-konsumen).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Saluran Pemasaran, Kemiri, Hutan Kemasyarakatan
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 02 Aug 2023 05:53
Last Modified: 02 Aug 2023 05:53
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41912

Actions (login required)

View Item View Item