PENGARUH VARIASI KECEPATAN UDARA PENGERING TERHADAP LAJU PENGERINGAN JAGUNG MENGGUNAKAN ALAT PENGERING TIPE VERTIKAL KONTINYU

Ryan Adi Rizki, Ramdani (2023) PENGARUH VARIASI KECEPATAN UDARA PENGERING TERHADAP LAJU PENGERINGAN JAGUNG MENGGUNAKAN ALAT PENGERING TIPE VERTIKAL KONTINYU. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TA_F1C016080_RYAN ADI RIZKI RAMDANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Jagung adalah salah satu dari 10 komuditas terbesar di Indonesia, yang produksinya mengalami kenaikan setiap tahunnya. Penanganan pasca panen sangat dibutuhkan oleh seorang petani khususnya di Indonesia yang masih mengandalkan sinar matahari. Ini menyebabkan hasil panen menjadi tidak maksimal. Solusinya adalah menggunakan alat pengering mekanis yang dapat melakukan pengeringan dengan lebih efisien. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecepatan udara terhadap laju pengeringan dan waktu pengeringan serta efisiensi pengeringan. Variasi kecepatan udara yang digunakan adalah 7 m/s, 9 m/s, dan 11 m/s dengan massa bahan yang digunakan adalah 20 kg dan temperatur udara 50°C dengan toleransi ± 1°C. Setelah dilakukan penelitian didapatkan bahwa semakin tinggi kecepatan udara yang digunakan maka semakin cepat laju pengeringan dan waktu pengeringan. Pada kecepatan udara 11 m/s didapatkan laju pengeringan tercepat yaitu 0,00034037 kg/s. Sedangkan untuk waktu pengeringan tercepat yaitu pada kecepatan udara 11 m/s dengan waktu 70 menit 59 detik untuk mencapai kadar air 14 %. Sedangkan pada kecepatan udara 7 m/s laju pengeringan paling lambat yaitu 0,00025491 kg/s, dan untuk waktu pengeringan terlama yaitu didapatkan pada kecepatan udara 7 m/s dengan waktu selama 95 menit 36 detik untuk mencapai kadar air 14 %. Efisiensi pengeringan tertinggi terjadi pada variasi kecepatan udara 11 m/s dengan yaitu sebesar 6,78%. Dan yang terendah pada kecepatan udara 7 m/s dengan efisiensi yang didapatkan yaitu 5,88%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): jagung, pengering tipe vertikal kontinyu, kecepatan udara, laju pengeringan
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 02 Aug 2023 05:53
Last Modified: 02 Aug 2023 05:53
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41931

Actions (login required)

View Item View Item