IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI PANDUAN PENGENALAN JALUR EVAKUASI DAN PENENTUAN TITIK KUMPUL DENGAN METODE ALGORITMA DIJKSTRA (STUDI KASUS: FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MATARAM)

I MADE WISNU KUSUMA, PUTRA (2023) IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI PANDUAN PENGENALAN JALUR EVAKUASI DAN PENENTUAN TITIK KUMPUL DENGAN METODE ALGORITMA DIJKSTRA (STUDI KASUS: FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MATARAM). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Laporan_Tugas Akhir_I Made Wisnu Kusuma Putra_F1B017034.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini merancang sebuah media edukasi sebagai sistem informasi bagi para penghuni gedung bertingkat mengenai jalur evakuasi. Terdapat beberapa tahapan dalam penelitian ini, diantaranya adalah identifikasi rambu keselamatan dan titik kumpul yang tersedia, menentukan jalur evakuasi yang aman dan terdekat dengan bantuan algoritma Dijkstra. Hasil penelitian ini adalah Sistem Navigasi Kampus (SINAPUS) yang memberikan informasi sesuai kebutuhan penghuni gedung bertingkat dalam memahami jalur evakuasi di Fakultas Teknik Universitas Mataram menuju titik - titik kumpul. Fitur unggulan SINAPUS adalah penunjuk arah navigasi dalam ruangan menuju pintu keluar yang secara langsung akan diarahkan dengan Augmented Reality dimana pengguna dapat berinteraksi dengan mengaktifkan kamera smartphone untuk melihat lokasi titik kumpul yang direkomendasikan. Berdasarkan uji usabilitas dari 30 responden didapatkan hasil tingkat kepentingan dan kepuasan pengguna aplikasi SINAPUS sebanyak 83.6% dan 82.23%. Didapati 96.67% pengguna lebih memahami jalur evakuasi setelah menggunakan SINAPUS. Aplikasi SINAPUS dapat diakses melalui link di bawah ini: https://madewithwisnu.github.io/SINAPUS/

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Peta evakuasi, sistem informasi, dijkstra, augmented reality, usability
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 02 Aug 2023 05:53
Last Modified: 02 Aug 2023 05:53
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41936

Actions (login required)

View Item View Item