PEMANFAATAN ABU TERBANG (FLY ASH) BATU BARA SEBAGAI ADSORBEN EMISI GAS BUANG KENDARAAN BERMOTOR BERBAHAN BAKAR BIOGAS-BENSIN

RIVALDO YUDHO, PRAKOSO (2023) PEMANFAATAN ABU TERBANG (FLY ASH) BATU BARA SEBAGAI ADSORBEN EMISI GAS BUANG KENDARAAN BERMOTOR BERBAHAN BAKAR BIOGAS-BENSIN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TA.RIVALDO YUDHO PRAKOSO (F1C17088).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
jurnal rivaldo.pdf

Download (861kB) | Preview

Abstract

Setiap tahunnya konsumsi bahan bakar di Indonesia terus bertambah yang menyebabkan emisi semakin banyak sehingga diperlukan bahan bakar pengganti ramah lingkungan yaitu biogas. Namun biogas memiliki kandungan lain yaitu CO2 yang tidak baik untuk lingkungan. Sehingga diperlukan kombinasi antara pertalite, biogas dan adsorben untuk menurunkan emisi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui karakteristik HC, CO dan CO2 dari emisi kendaraan roda dua pada bahan bakar ganda biogaspertalite dengan penambahan adsorben. Penelitian ini menggunakan adsorben fly ash dengan aktivator NaOH variasi aktivasi konsentrasi larutan NaOH sebesar 0, 4, 8, dan 12 %. Proses pengujian dilakukan dengan cara adsorben dimasukkan ke dalam saluran gas buang kendaraan roda dua dengan kondisi menggunakan bahan bakar ganda, lalu adsorben akan melewati oleh emisi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan adsorben merupakan faktor yang berpengaruh terhadap turunnya emisi yang dihasilkan. variasi konsentrasi larutan yang terbaik adalah aktivasi konsentrasi larutan NaOH sebesar 12 % dengan kandungan nilai rata-rata CO 0,02 %; CO2 2,13% dan HC 200,67 ppm.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Abu terbang, pertalite-biogas, adsorben, emisi.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 02 Aug 2023 05:53
Last Modified: 02 Aug 2023 05:53
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41938

Actions (login required)

View Item View Item