ANALISIS STATISTIK LEVEL DAYA SINYAL DAN PREDIKSI PATHLOSS DENGAN METODE OKUMURA-HATA PROVIDER TELKOMSEL DAN XL (STUDI KASUS: FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MATARAM)

Muha, ini (2023) ANALISIS STATISTIK LEVEL DAYA SINYAL DAN PREDIKSI PATHLOSS DENGAN METODE OKUMURA-HATA PROVIDER TELKOMSEL DAN XL (STUDI KASUS: FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MATARAM). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BURNING skripsi Muhaini 1 y.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
jurnal Muhaini.pdf

Download (694kB) | Preview

Abstract

Kebutuhan masyarakat akan informasi dan komunikasi terus berkembang pesat dari waktu ke waktu, menyebabkan penyedia jasa layanan telekomunikasi seluler dituntut untuk berkembang guna memenuhi keragaman kebutuhan konsumennya. Teknologi komunikasi LTE hadir sebagai solusi atas kebutuhan akan komunikasi data yang semakin meningkat. Teknologi telekomunikasi seluler yang akan diteliti adalah 4G LTE, teknologi 4G LTE memiliki permasalahan yang dikeluhkan pelanggan, permasalahan tersebut diantaranya yaitu sinyal yang diterima tidak stabil, akses data yang sulit terhubung, dan kegagalan koneksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan pengukuran level daya sinyal provider Telkomsel dan XL dan mencari prediksi nilai pathloss dengan perhitungan menggunakan model propagasi okumura Hata dengan metode walktest di dibeberapa titik sampel antar Gedung A, B dan C pada lingkungan Fakultas Teknik Universitas Mataram. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa level daya sinyal pada provider XL rute A-B diperoleh range level daya sinyal – 51 sd -71 dBm dengan rerata -61,51 dBm kemudian rute B-C diperoleh range level daya sinyal -51 sd -72 dBm dengan rerata -62,75 dBm hasilnya dalam kategori sangat bagus. Pada provider telkomsel level daya rute A-B diperoleh range level daya sinyal – 51 sd -73 dBm dengan rerata -58,18 dBm kemudian rute B-C diperoleh range level daya sinyal -51 sd -72 dBm dengan rerata -64,02 dBm hasilnya dalam kategori sangat bagus. Hasil pengukuran karakteristik redaman propagasi level daya sinyal pada kedua provider dengan menggunakan model okumura Hata diperoleh untuk provider XL hasil pengukuran pathloss rute A-B yaitu 66 dB lebih kecil dibandingkan dengan rute B-C yaitu 77,4 dB sedangkan pathloss prediksi rute B-C yaitu 112,3 dB lebih kecil dibandingkan dengan rute A-B yaitu 113,4 dB. Untuk provider Telkomsel hasil pengukuran pathloss pada rute B-C yaitu 77,3 dB lebih kecil dibandingkan rute A-B yaitu 78,1 dB dan untuk hasil pathloss prediksi juga sama yaitu pada B-C lebih kecil dibandingkan dengan rute A-B dengan nilai 115,1 dB dan 15,5 dB.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): level daya, pathloss, propagasi, okumura hata
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 02 Aug 2023 05:53
Last Modified: 02 Aug 2023 05:53
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41940

Actions (login required)

View Item View Item