RANCANG BANGUN PURWARUPA SISTEM MONITORING DAN KONTROL KUALITAS AIR PADA BIOFLOK IKAN NILA BERBASIS INTERNET OF THINGS (IoT)

Muhamad, Syarif (2023) RANCANG BANGUN PURWARUPA SISTEM MONITORING DAN KONTROL KUALITAS AIR PADA BIOFLOK IKAN NILA BERBASIS INTERNET OF THINGS (IoT). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Laporan Tugas Akhir_Muhamad Syarif_F1B016064.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal Tugas Akhir_Muhamad Syarif_F1B016064.pdf

Download (900kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Poster Tugas Akhir_Muhamad Syarif_F1B016064.pdf

Download (362kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat purwarupa sistem kontrol pH dan sistem monitoring suhu dan pH berbasis Internet Of Things (IoT) untuk menjaga nilai pH tetap optimal yang dapat membantu para pengusaha ikan nila pada bioflok dalam monitoring suhu dan pH air serta dapat mengontrol ph air pada media bioflok sehingga hasil produksi budidaya dapat masksimal. Sistem kontrol pada penelitian ini menggunakan mikrokontroller arduino uno, relay sebagai saklar yang dapat menyalakan dan mematikan otomatis 2 powerhead power pump untuk menjalankan sirkulasi air sehingga dapat mengembalikan pH pada purwarupa menjadi ideal. Sedangkan sistem monitoring suhu dan pH pada penelitian ini menggunakan sensor suhu DS18B20, kit sensor pH E-201-C, perangkat LoRa sebagai pengirim dan penerima data, kemudian diteruskan ke platform IoT ThingSpeak menggunakan NodeMcu ESP8266 sehingga data suhu dan pH dapat ditampilkan secara real time pada Interface ThingSpeak web maupun aplikasi ThingView pada android. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Purwarupa Sistem Monitoring Dan Kontrol Kualitas Air Pada Bioflok Ikan Nila Berbasis Internet Of Things (IoT) dapat bekerja dengan baik, dengan hasil persentase error pengujian setiap sensor yang digunakan dibawah 5%. Sistem kontrol pH yang dibuat telah mampu mengontrol pH dengan rentang pH 6,5-8,5 pada purwarupa bioflok ikan nila. Sistem monitoring yang dibuat juga telah mampu memantau suhu dan pH air dan dapat ditampilkan secara real time pada platform IoT ThingSpeak, dari situs web Thingspeak.com maupun dari aplikasi ThingView pada android. Sistem yang dibuat juga dapat dipantau secara jarak jauh menggunakan LoRa sebagai pengirim dan penerima data sehingga dapat memudahkan para pengusaha budidaya ikan nila dalam sistem monitoring pH dan suhu air serta sistem kontrol pH pada media bioflok sehingga hasil produksi dapat masksimal.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Ikan Nila, IoT, Monitoring, Sistem Kontrol, ThingSpeak
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 02 Aug 2023 07:17
Last Modified: 02 Aug 2023 07:17
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41944

Actions (login required)

View Item View Item