ANALISIS KEBUTUHAN DAN PERANCANGAN PROTOTYPE USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE APLIKASI MUATAN LOKAL SASAK MENGGUNAKAN METODE DOUBLE DIAMOND

Muhammad Rafly, Junizar R (2023) ANALISIS KEBUTUHAN DAN PERANCANGAN PROTOTYPE USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE APLIKASI MUATAN LOKAL SASAK MENGGUNAKAN METODE DOUBLE DIAMOND. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TA_(Muhammad Rafly Junizar R).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Saat ini, mata pelajaran muatan lokal tidak secara rutin diajarkan di beberapa sekolah dan hanya diperkenalkan di tingkat sekolah dasar. Pengajaran konvensional dengan menggunakan papan tulis dan buku tulis seringkali menyebabkan murid merasa bosan dan kurang tertarik dalam proses belajar. Guna meningkatkan efektivitas pembelajaran, pemanfaatan teknologi menjadi solusi yang menjanjikan, salah satunya melalui penggunaan aplikasi mobile. Meskipun demikian, aplikasi-aplikasi yang saat ini tersedia di internet untuk mata pelajaran muatan lokal belum sepenuhnya memenuhi kriteria User Interface (UI) dan User Experience (UX) yang baik, sehingga kurang diminati oleh pengguna. Penelitian ini menggunakan metode double diamond. Penelitian ini akan melakukan usability test dan A/B testing yang memberikan hasil yang berbeda. Hasil usability test mendapatkan nilai keseluruhan 96,66%. Untuk A/B testing mendapatkan hasil yang berbeda. Untuk SDN 2 Kekeri memperoleh nilai 76,2 untuk desain A dan nilai 37,5 untuk desain B. sedangkan SDN 2 Midang memperolah nilai 74 untuk desain A dan nilai 38,5 untuk desain B.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): User Interface, User Experience. Usability Test, A/B Testing, Double Diamond.
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 02 Aug 2023 07:41
Last Modified: 02 Aug 2023 07:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41946

Actions (login required)

View Item View Item