PENETAPAN KADAR FLAVONOID TOTAL DAN AKTIVITAS ANTIOKSIDAN EKSTRAK ETANOL KULIT BATANG ALPUKAT (Persea americana Mill) DALAM MENGHAMBAT DPPH (2,2-diphenyl-1-picrylhydrazyl)

Richa Poetri, Risnata (2023) PENETAPAN KADAR FLAVONOID TOTAL DAN AKTIVITAS ANTIOKSIDAN EKSTRAK ETANOL KULIT BATANG ALPUKAT (Persea americana Mill) DALAM MENGHAMBAT DPPH (2,2-diphenyl-1-picrylhydrazyl). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Richa Poetri R K1A018069.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Richa Poetri R (K1A018069) - Jurnal publish (1).pdf

Download (225kB) | Preview

Abstract

Radikal bebas merupakan hasil produk metabolisme tubuh yang sangat reaktif dan akan terus bereaksi serta bertambah jumlahnya. Berlebihnya radikal bebas dalam tubuh dapat menyebabkan penyakit degeneratif. Dengan demikian diperlukan adanya bantuan antioksidan yang berasal dari luar tubuh (eksogen) agar radikal bebas dapat dihambat. Penggunaan antioksidan sintetik dalam jangka panjang sudah dibatasi karena dapat menyebabkan karsinogenik. Hal ini mendorong pengembangan antioksidan alami, salah satunya dari kulit batang alpukat. Kulit batang alpukat mengandung flavonoid yang berperan sebagai antioksidan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kadar flavonoid total dan aktivitas antioksidan ekstrak etanol kulit batang alpukat dalam menghambat DPPH. Kulit batang alpukat yang telah kering dihaluskan dan diekstraksi dengan metode sonikasi dalam etanol 70% dan dilakukan identifikasi flavonoid. Ekstrak etanol kulit batang alpukat positif mengandung flavonoid pada uji tabung dan KLT, sehingga dilanjutkan dengan penetapan kadar flavonoid total metode kolorimetri dan uji antioksidan metode DPPH menggunakan spektrofotometri UV-Vis. Analisis data ditentukan dengan menghitung kadar flavonoid total, IC50 (inhibition concentration), dan analisis korelasi antara kadar flavonoid total dan aktivitas antioksidan menggunakan SPSS. Uji korelasi menunjukan bahwa tidak ada korelasi antara kadar flavonoid total dan aktivitas antioksidan ekstrak etanol kulit batang alpukat. Hasil penetapan kadar flavonoid ekstrak etanol kulit batang alpukat yaitu 5,572 mgQE/g ekstrak dengan nilai KV sebesar 1,399%. Nilai KV menunjukkan tingkat ketelitian kerja yang baik. Ekstrak etanol kulit batang alpukat termasuk kedalam antioksidan sangat kuat dengan IC50 sebesar 21,221 ppm. Dapat disimpulkan bahwa kulit batang alpukat dapat menjadi kandidat antioksidan alami.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Antioksidan, DPPH, Flavonoid total, Kulit batang alpukat
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 02 Aug 2023 07:41
Last Modified: 02 Aug 2023 07:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41947

Actions (login required)

View Item View Item