PENGARUH PENAMBAHAN KAPUR, AIR BELERANG DAN SEMEN TERHADAP KARAKTERISTIK DAN KONSENTRASI ION LOGAM PADA AIR ASAM TAMBANG

NURUL, AFRILIA (2023) PENGARUH PENAMBAHAN KAPUR, AIR BELERANG DAN SEMEN TERHADAP KARAKTERISTIK DAN KONSENTRASI ION LOGAM PADA AIR ASAM TAMBANG. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_NURUL AFRILIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Artikel_NURUL AFRILIA.pdf

Download (492kB) | Preview

Abstract

Air asam tambang (AAT) merupakan jenis limbah pencemar yang berdampak buruk bagi lingkungan. AAT memiliki nilai pH yang sangat rendah (<3) dan kandungan ion logam yang tinggi. Oleh karena itu, perlu dilakukan penanganan untuk mengendapkan kandungan ion logam serta menaikkan pH. Bahan yang digunakan adalah kapur yang diperoleh dari Desa Mangkung, air belerang alami yang diperoleh dari Desa Sebau, dan semen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian kapur, air belerang, dan semen terhadap karakteristik AAT dan konsentrasi ion logam (Cu2+, Fe2+, Mn2+). Penelitian ini dilakukan percobaan dengan ditambahkan kapur, air belerang, dan semen pada air asam tambang dengan tiga perlakuan, kemudian dilakukan pengukuran karakteristik AAT berupa parameter pH, konduktivitas, TDS, kemudian dilakukan pengujian kandungan konsentrasi ion logam menggunakan AAS dan SEM. Hasil penelitian menunjukkan penambahan kapur dapat menaikkan hingga rata-rata nilai pH ≥ 5, dan terjadi penurunan kadar ion logam Fe2+ hingga 99,5%, Cu2+ hingga 97,98%, dan Mn2+hingga 49,37%. Setelah penambahan Air belerang alami, terjadi kenaikan pH ≥ 11,dan hasil pengendapan tertingi dapat secara sempurna mengendapkan ion logam Fe2+ , Mn2+ , dan Cu2+ tertinggi 99%. Setelah penambahan semen, nilai pH ≥ 11, dan ion logam Fe2+ , Mn2+ dan Cu2+ tertinggi 99,98%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Air Asam Tambang, Kapur, Air Belerang, Semen
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 02 Aug 2023 07:44
Last Modified: 02 Aug 2023 07:44
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41950

Actions (login required)

View Item View Item