ANALISIS QoS (Quality Of Service) DAN DAYA TERIMA SINYAL KOMUNIKASI PADA JARINGAN 4G STUDI KASUS PERUMAHAN GRAND MUSLIM DAN PERUMAHAN ROYAL MADINAH KECAMATAN LABUAPI, KABUPATEN LOMBOK BARAT

ETI, NURBAITI (2023) ANALISIS QoS (Quality Of Service) DAN DAYA TERIMA SINYAL KOMUNIKASI PADA JARINGAN 4G STUDI KASUS PERUMAHAN GRAND MUSLIM DAN PERUMAHAN ROYAL MADINAH KECAMATAN LABUAPI, KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TA_ETI NURBAITI_F1B018075.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal Eti Nurbaiti.pdf

Download (990kB) | Preview

Abstract

Semakin berkembangnya teknologi dimana pada tahun 2016 sudah diterapkan teknologi 4G bahkan sudah berkembang sampai teknologi 5G. Daya beli konsumen yang terus meningkat serta keinginan akan teknologi yang dapat mempermudah konsumen dalam beraktifitas merupakan alasan utama dari perkembangan tersebut. Agar dapat menjaga kualitas jaringan seluler tetap dalam kondisi baik, di perlukan pemeriharaan dan pengawasan yang berkelanjutan, operator telekomunikasi masih mengandalkan drive test untuk mengetahui kondisi sinyal disuatu area dan kuat sinyal yang ada, pada tugas akhir ini akan dilakukan pengukuran sinyal seluler untuk teknologi 4G pada area dense urban.setelah itu akan dilakukan kualitas sinyal dan perhitungan link budget kemudian dilakukan pengukuran QoS dengan parameter throughput, packet loss, delay, dan jitter .permasalahan tersebut dapat diselesaikan dengan melakukan pengukuran dan menganalisa level sinyal untuk mengetahui jarak yang kemudian dibandingkan dengan rill, untuk mendapatkan nilai level sinyal dan jarak Base Transceiver Station dan Mobile Station perlu dilakukan pengukuran level sinyal dan pengukuran menggunakan Global Positioning System untuk mendapatkan jarak rill . Frekuensi yang digunakan pada tugas akhir ini adalah 2142,5 MHz. setelah dilakukan pengolahan data didapatkan hasil ratarata nilai RSRP sebesar -101 dBm dengan kategori buruk. Untuk perhitungan link budget pengoalahan data pathloss dilakukan dengan menggunakan perhitungan matematis hal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti tidak didapatkannya data spesifikasi BTS seperti gain dan ERP. Dengan pada pengukuran QoS dengan aplikasi Wireshark dengan parameter throughput dengan rata-rata 361,29 dengan kategori buruk,packet loss rata-rata sebesar 55% dengan kategori buruk, delay dengan rata-rata 6,9673 dengan kategori bagus dan jitter dengan rata-rata 4,5429 dengan kategori bagus.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): G-NetTrcak Pro, RSRP, Link Budget,Free Space Pathloss, Wireshark
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 02 Aug 2023 10:38
Last Modified: 02 Aug 2023 10:38
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41955

Actions (login required)

View Item View Item