PENGARUH KONSENTRASI DAN LAMA PERENDAMAN ZAT PENGATUR TUMBUH ROOTONE-F TERHADAP PERTUMBUHAN STEK BAMBU TABAH (Gigantochloa nigrociliata Kurz)

YANUAR, AHMAD (2023) PENGARUH KONSENTRASI DAN LAMA PERENDAMAN ZAT PENGATUR TUMBUH ROOTONE-F TERHADAP PERTUMBUHAN STEK BAMBU TABAH (Gigantochloa nigrociliata Kurz). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Yanuar Ahmad, (C1L016108), Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (794kB)
[img]
Preview
Text
Yanuar Ahmad, (C1L016108), Jurnal.pdf

Download (201kB) | Preview

Abstract

Bambu tabah (Gigantochloa nigrociliata Kurz) merupakan tanaman multiguna yang dapat dikembangkan dengan perbanyakan secara vegetatif dan generatif. Stek batang merupakan cara paling mudah dilakukan dalam perbanyakan bambu tabah secara vegetatif. Salah satu zat pengatur tumbuh yang dapat digunakan untuk merangsang perpanjangan dan pembelahan sel guna mendukung pertumbuhan akar yaitu digunakan ZPT Rootone-F. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui respon stek batang bambu tabah terhadap pemberian konsentrasi Rootone-F dengan berbagai tingkat konsentrasi serta mengetahui tingkat konsentrasi yang paling baik untuk memacu pertumbuhannya. Penelitian ini dilaksanakan di green house yang berada di Lingkunagn Pagutan, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, yang dilaksanakan dari bulan November 2022 sampai dengan bulan Februari 2023. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan dua faktor. Faktor pertama yaitu tingkat konsentrasi Rootone-F dan faktor kedua yaitu lama perendaman yang disusun dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Tingkat konsentrasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu K1 (0 ppm), K2 (100 ppm), K3 (200 ppm) dan K4 (300 ppm), sedangkan lama perendaman yang digunakan yaitu R1 (0 jam), R2 (1 jam) dan R3 (2 jam). Parameter pengamatan terdiri dari jumlah daun, jumlah tunas, tinggi tunas, panjang akar dan jumlah akar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh lama perendaman berpengaruh nyata terhadap jumlah tunas, sementara interaksi tingkat konsentrasi dan lama perendaman berpengaruh nyata terhadap jumlah daun. Adapun perlakuan tingkat konsentrasi tidak memberikan pengaruh nyata terhadap semua parameter.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Rootone-F, Bambu Tabah,Tingkat Konsentrasi, Lama Perendaman
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 02 Aug 2023 10:38
Last Modified: 02 Aug 2023 10:38
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41958

Actions (login required)

View Item View Item