PENGARUH TEMPERATUR DAN KECEPATAN UDARA TERHADAP LAJU PENGERINGAN JAGUNG MENGGUNAKAN ELEMEN PEMANAS (HEATER) DENGAN PENGERING TIPE RAK (TRAY DRYER)

Hizbul Wathan, Arrasyid (2023) PENGARUH TEMPERATUR DAN KECEPATAN UDARA TERHADAP LAJU PENGERINGAN JAGUNG MENGGUNAKAN ELEMEN PEMANAS (HEATER) DENGAN PENGERING TIPE RAK (TRAY DRYER). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TA_F1C017036_HIZBUL WATHAN ARRASYID.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
PAPER_TA_F1C017036_HIZBUL WATHAN ARRASYID.pdf

Download (378kB) | Preview

Abstract

Indonesia merupakan produsen jagung terbesar di Asia Tenggara, produksi jagung Indonesia mencapai 18,5 juta ton pada tahun 2013, Jagung adalah tanaman yang memegang peranan penting kedua setelah padi sebagai bahan baku makanan, jagung mempunyai nilai gizi tidak kalah jika dibandingkan dengan beras. Kehilangan produksi selama penanganan pasca panen di indonesia masih sangat besar dikarenakan penanganan pasca panen itu sendiri yang tidak tepat, salah satu aspek penanganan pasca panen yaitu pengeringan yang dimaksudkan agar jagung yang dikonsumsi oleh manusia dapat disimpan dalam waktu lama. Berdasarkan potensi dan permasalahan, muncul inovasi alat sederhana dengan menggunakan tray dryer meggunakan heater. Dengan sistem pengeringan buatan diperlukan sebagai alternatif untuk mengatasi masalah tersebut, proses pengeringan dengan Tray Drayer dapat dilakukan kapan saja atau tidak tergantung cuaca dan ruang. Kondisi operasi pada penelitian ini adalah kecepatan udara pengering sebesar 2 m/s, 3 m/s, dan 4 m/s, dan suhu heater 65 ºC, 70 ºC, dan 75 ºC, dengan menggunakan empat rak susun yang di hitung dari bawah, yang di isi dengan 500 gram per rak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi temperatur pada box pengering biji jagung, mengetahui pengaruh variasi kecepatan udara terhadap laju pengeringan pada alat pengering biji jagung, dan mengetahui biaya yang di perlukan untuk penjemuran biji jagung. Hasil dari penelitian ini adalah adanya semakin besar temperatur yang di gunakan untuk mengeringkan biji jagung maka laju pengeringan semakin besar, semakin besar kecepatan udara yang di gunakan untuk mengeringkan biji jagung maka laju pengeringan semakin besar, dan di dapatkan biaya terkecil di dapatkan pada variasi temperatur 70 ºC dan kecepatan udara 4 m/s dengan biaya 557,7 Rp/kg sedangkan biaya terbesar di dapatkan pada variasi temperatur 65 ºC dan variasi kecepatan udara 2 m/s dan 3 m/s dengan biaya sebesar 713,9 Rp/kg.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Heater, jagung, pengering, pengering jagung, tray drayer
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 02 Aug 2023 10:38
Last Modified: 02 Aug 2023 10:38
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41959

Actions (login required)

View Item View Item