ANALISIS MANAJEMEN PRIORITAS PENANGANAN JALAN LINGKUNGAN BERBASIS SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS DI KAWASAN PERMUKIMAN KUMUH DI KOTA MATARAM (MANAGEMENT ANALYSIS OF HANDLING PRIORITIES ENVIRONMENTAL ROADS USING GEOGRAPHICAL INFORMATION SYSTEMS IN A SLUM IN THE CITY OF MATARAM)

TEGUH, PRIYANTO (2023) ANALISIS MANAJEMEN PRIORITAS PENANGANAN JALAN LINGKUNGAN BERBASIS SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS DI KAWASAN PERMUKIMAN KUMUH DI KOTA MATARAM (MANAGEMENT ANALYSIS OF HANDLING PRIORITIES ENVIRONMENTAL ROADS USING GEOGRAPHICAL INFORMATION SYSTEMS IN A SLUM IN THE CITY OF MATARAM). S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TESIS TEGUH PRIYANTO (I2I 021 022).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39MB)
[img]
Preview
Text
479-931-2-PB.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembangunan dan urbanisasi berdampak terhadap kebutuhan ruang di wilayah perkotaan, sehingga menyebabkan terciptanya kawasan permukiman kumuh. Salah satu indikator kawasan permukiman kumuh adalah kualitas permukaan jalan lingkungan yang buruk, meliputi retak dan perubahan bentuk fisik. Kondisi menjadi paradigma negatif terhadap penyelenggaraan pembangunan. Lemahnya informasi data dan koordinasi terkadang menyebabkan terjadinya tumpang tindih pekerjaan, kualitas, kuantitas yang tidak sesuai kebutuhan. Sehingga perlu disusun basis data berbasis spasial sebagai dasar pemrograman perencanaan selanjutnya. Penerapan teknologi berbasis Sistem Informasi Geografis (SIG) sebagai alat untuk memperoleh, menganalisis, menyusun basis data dan menggambarkannya lebih informatif pada program penanganan jalan lingkungan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan melakukan pembobotan berdasarkan 3 (tiga) parameter yaitu: 1) program penanganan kerusakan jalan, 2) kepadatan bangunan dan, 3) pertimbangan lain seperti nilai strategis lokasi, kependudukan, dan kondisi sosial ekonomi. Hasil analisis tersebut diharapkan merekomendasikan urutan prioritas dan program penanganan kerusakan jalan lingkungan kawasan permukiman kumuh di 20 Kelurahan di Kota Mataram. Hasil penelitian ini terpetakannya seluruh jalan lingkungan non-status di kawasan permukiman kumuh, sehingga dapat memberikan informasi urutan prioritas program penanganan jalan lingkungan. Urutan penanganan kerusakan jalan prioritas 1 berada di 3 Kelurahan yaitu Karang Pule, Punia dan Abian Tubuh Baru dengan program pemeliharaan berkala sepanjang 0,912 km di 6 ruas Jalan dan program pemeliharaan rutin sepanjang 5,283 km di 64 ruas, urutan prioritas 2 berada di 15 Kelurahan yaitu Babakan, Dasan Cermen, Bintaro, Jempong Baru, Cakranegara Selatan Baru, Bertais, Rembiga, Sayang-Sayang, Banjar, Selagalas, Bintaro, Dayan Peken, Mayura, Monjok dan Cilinaya dengan program pemeliharaan berkala sepanjang 3,142 km di 22 ruas Jalan dan program pemeliharaan rutin sepanjang 31,315 km di 375 ruas, dan urutan prioritas 3 berada di 2 Kelurahan yaitu Ampenan Selatan dan Turida dengan program pemeliharaan berkala sepanjang 2,184 km di 14 ruas Jalan dan program pemeliharaan rutin sepanjang 5,375 km di 64 ruas.

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): : Jalan lingkungan, Kawasan Permukiman Kumuh, Sistem Informasi Geografis (SIG).
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 02 Aug 2023 23:37
Last Modified: 02 Aug 2023 23:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41965

Actions (login required)

View Item View Item