PENENTUAN KEBUTUHAN MOTOR BAK RODA TIGA SEBAGAI ALAT PENGUMPUL PENGELOLAAN SAMPAH (STUDI KASUS DI KELURAHAN LENENG, KECAMATAN PRAYA, KABUPATEN LOMBOK TENGAH)

Lalu Angga, Purwaji (2023) PENENTUAN KEBUTUHAN MOTOR BAK RODA TIGA SEBAGAI ALAT PENGUMPUL PENGELOLAAN SAMPAH (STUDI KASUS DI KELURAHAN LENENG, KECAMATAN PRAYA, KABUPATEN LOMBOK TENGAH). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
EMPD ANGGA.pdf

Download (302kB) | Preview

Abstract

Pengelolaan sampah yang efektif dan bertanggung jawab menjadi sangat penting dalam menjaga kebersihan lingkungan, melindungi kesehatan masyarakat, dan mendukung pembangunan yang berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proyeksi timbulan sampah dan menentukan kebutuhan alat pengelolaan sampah di Kelurahan Leneng, Kecamatan Praya, Kabupaten Lombok Tengah. Dengan metode kajian melalui observasi dan pengukuran secara langsung, data tentang volume timbulan sampah di Kelurahan Leneng dikumpulkan. Berdasarkan temuan utama penelitian ini, proyeksi timbulan sampah di Kelurahan Leneng hingga tahun 2030 diperkirakan mencapai 33,8560 m3/hari. Untuk mengatasi sampah tersebut, dibutuhkan 8 kendaraan pengumpul. Hasil penelitian ini memiliki kontribusi penting dalam penyediaan alat pengelolaan sampah di Kelurahan Leneng, serta memberikan implikasi dalam upaya pengelolaan sampah yang lebih efektif dan berkelanjutan. Penelitian ini dapat menjadi referensi bagi pihak terkait dalam mengambil keputusan terkait pengadaan alat pengelolaan sampah di Kelurahan Leneng.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Timbulan Sampah, Alat Pengelolaan Sampah, Kelurahan Leneng
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 02 Aug 2023 23:37
Last Modified: 02 Aug 2023 23:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41966

Actions (login required)

View Item View Item