HAK MENENTUKAN NASIB SENDIRI BAGI RAKYAT PAPUA BARAT, BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR.12 TAHUN 2005 TENTANG HAK SIPIL DAN POLITIK

INDIKUM NYAMUK, WANDIKBO (2023) HAK MENENTUKAN NASIB SENDIRI BAGI RAKYAT PAPUA BARAT, BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR.12 TAHUN 2005 TENTANG HAK SIPIL DAN POLITIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI Nyamuk 2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (914kB)
[img]
Preview
Text
jurnal ilmiah Nyamuk 2023.pdf

Download (231kB) | Preview

Abstract

Hak menentukan nasib sendiri bagi rakyat Papua Barat merupakan hak fundamental yang menjamin dalam hukum nasional Indonesia maupun hukum internasional, seperti yang terkandung di dalam konvensi internasional tentang hak Sipil dan Politik yang disahkan oleh pemerintah Indonesia dengan UndangUndang Nomor 12 Tahun 2005 tentang hak Sipil dan Politik . Negara-negara multinasional mulai memperjuangkan kemerdekaan untuk menentukan nasib mereka sendiri contohnya Timor Leste. Untuk menentukan nasib secara bebas status politiknya maka Timor Leste berpatokan dengan hak menentukan nasib sendiri sesuai dengan hukum internasional. Dalam karya ilmiah ini akan membahas tentang apakah rakyat Papua Barat mempunyai hak menentukan nasib sendiri berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2005 Tentang Hak Sipil dan Politik?Tujuan dari penulisan ini adalah menjadikan karya ilmiah ini sebagai bahan bacaan serta dapat mengetahui aturan yang mendasari hak menentukan nasib sendiri suatu bangsa menurut hukum internasional dan hak menentukan nasib sendiri bagi rakyat Papua Barat tidak bertentangan dengan hukum internasional. Dalam menyelesaikan karya ilmiah ini, penulis menggunakan metode penelitian hukum normatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konstitusi RI dan hukum internasional menjamin hak menentukan nasib sendiri suatu bangsa menurut hukum internasional dimuat pada Pasal 1 Kovenan Hak Sipil dan Politik (ICCPR) serta Artikel PBB. Hak menentukan nasib sendiri (right to self-determination) rakyat Papua Barat legal secara hukum internasional.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Hak Menentukan Nasib Sendiri, Rakyat Papua Barat
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 03 Aug 2023 00:08
Last Modified: 03 Aug 2023 00:08
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41967

Actions (login required)

View Item View Item