PENGARUH VARIASI PENAMBAHAN SiC PADA PROSES PENGECORAN BLOK SILINDER YAMAHA BEKAS TERHADAP KETAHANAN AUS DAN PENGAMATAN SEM

RIFQI, MU’AFAR (2023) PENGARUH VARIASI PENAMBAHAN SiC PADA PROSES PENGECORAN BLOK SILINDER YAMAHA BEKAS TERHADAP KETAHANAN AUS DAN PENGAMATAN SEM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TA_F1C018054_Rifqi mu'afar.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL RIFQI.pdf

Download (792kB) | Preview

Abstract

Pengecoran logam blok silinder dengan SiC adalah proses pembuatan benda kerja/barang dengan cara mencairkan/meleburkan logam dengan SiC pada temperatur tertentu. Tujuan dari proses ini adalah untuk meningkatkan ketahanan Aus pada permukaan spesimen. Pada penelitian kali ini dilakukan penambahan blok silinder dengan SiC dengan temperatur maksimal tungku 1012oC sampai selesai dengan persentase campuran yaitu: blok silinder murni (tanpa campuran), blok silinder 95% dengan SiC 5%, blok silinder 90% dengan SiC 10%, blok silinder 85% dengan SiC 15%. Angka kehilangan berat terendah didapatkan pada variasi campuran blok silinder 85% dengan SiC 15% dengan nilai kehilangan berat rata-rata 0,020 gr. Untuk volume keausan terendah didapatkan pada variasi campuran blok silinder 85% dengan SiC 15% dengan nilai volume keausan rata-rata 0,006 m3 , dan untuk laju keausan terendah didapatkan pada variasi campuran blok silinder 85% dengan SiC 15% dengan nilai laju keausan rata-rata 2,23 x 10-6 m 3 /s. Hasil pengamatan struktur mikro menunjukkan bahwa pada specimen blok murni terdapat struktur α Al dan β Si sedangkan untuk SiC hanya terdapat pada spesimen dengan variasi yang telah dilakukan penambahan campuran SiC. Uji komposisi kimia dari specimen blok murni tanpa campuran dan blok silinder dengan campuran SiC yang telah dilakukan menunjukan peningkatan massa dan atom untuk element Si.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): pengecoran Blok Silinder, SiC, keausan, struktur mikro.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 03 Aug 2023 00:08
Last Modified: 03 Aug 2023 00:08
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41969

Actions (login required)

View Item View Item