PENGARUH WAKTU FERMENTASI DENGAN STARTER DAN MIKROAERASI TERHADAP KADAR DAN VOLUME ALKOHOL MENGGUNAKAN BAHAN DASAR MOLASE

WAHYUDI, KURNIAWAN (2023) PENGARUH WAKTU FERMENTASI DENGAN STARTER DAN MIKROAERASI TERHADAP KADAR DAN VOLUME ALKOHOL MENGGUNAKAN BAHAN DASAR MOLASE. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
WAHYUDI KURNIAWAN (F1C016093) SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
Wahyudi kurniawan Jurnal (F1C016093).pdf

Download (495kB) | Preview

Abstract

Manusia dalam menjalani kehidupan sehari-hari sangat bergantung dari peran energi atau bahan bakar. Energi sangatlah penting disegala sektor baik itu rumah tangga maupun industri. Seiring dengan perkembangan zaman dan bertambahnya populasi penduduk menyebabkan kebutuhan energi semakin tinggi. Oleh sebab itu untuk mengurangi penggunaan energi dari fosil, dibutuhkan energi alternatif sebagai salah satu pilihan apabila terjadi kelangkaan energi. Bioetanol merupakan energi yang berasal dari bahan nabati yang didapat dari proses fermentasi gula dari sumber karbohidrat (pati) menggunakan bantuan mikroorganisme. Salah satu bahan baku yang dapat dimanfaatkan untuk pembuatan bioetanol yaitu molase. Pada penelitian kali ini pembuatan bioetanol dilakukan dengan memberikan variasi pada lama fermentasi menggunakan starter dan mikroaerasi. Penelitian ini dilakukan di LAB Energi Terbarukan (EBT) Fakultas Teknik Universitas Mataram. Variasi lama fermentasi dibedakan menjadi tiga yaitu selama 24 jam, 48 jam dan 72 jam. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui kadar dan volume alkohol yang dihasilkan. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa lama fermentasi memberikan pengaruh nyata terhadap volume alkohol tetapi tidak memberikan pengaruh nyata terhadap kadar alkohol. Perlakuan terbaik diperoleh pada fermentasi 72 jam dengan volume alkohol rata-rata 928 ml. Nilai terendah diperoleh pada fermentasi 24 jam dengan volume alkohol rata-rata 670 ml.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Bioetanol, destilasi, fermentasi, molase, starter
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 03 Aug 2023 00:12
Last Modified: 03 Aug 2023 00:12
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41975

Actions (login required)

View Item View Item