ANALISIS SENSOR NITRO-BENZIMIDAZOL DENGAN ANION SIANIDA: MAJALAH KIMIA UNTUK SMA/MA SEBAGAI SUPLEMEN PEMBELAJARAN PADA MATERI IKATAN KIMIA

Musab, bihan (2023) ANALISIS SENSOR NITRO-BENZIMIDAZOL DENGAN ANION SIANIDA: MAJALAH KIMIA UNTUK SMA/MA SEBAGAI SUPLEMEN PEMBELAJARAN PADA MATERI IKATAN KIMIA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI MUSABBIHAN(E1M018050).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL MUSABBIHAN.pdf

Download (461kB) | Preview
[img]
Preview
Text
MAJALAH MUSABBIHAN.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa majalah kimia. Penelitian ini merupakan jenis penelitian ekperimen dan penelitian pengembangan (R&D) dengan mengadopsi model Borg dan Gall yang memiliki 10 tahapan. Namun dibatasi sampai tahap keenam yaitu: penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draf produk awal, uji coba lapangan awal, revisi hasil uji coba, dan uji lapangan produk utama. Data hasil penelitian eksperimen yaitu senyawa yang terbentuk dari pengikatan antara sensor Nitro-benzimidazol dengan anion sianida dengan konsentrasi 1x10-7 M, terbentuk ikatan hidrogen yang dibuktikan dengan visual larutan yang menunjukkan terjadinya perubahan warna pada larutan, pada saat proton pada sisi ikat (gugus –OH) dari molekul Nitro-benzimidazol membentuk ikatan hidrogen dengan elektron bebas dari molekul senyawa CNˉ. Sementara hasil penelitian pengembangan (R&D) menunjukan bahwa majalah kimia yang dikembangkan memiliki tingkat validitas yaitu 0,93 (sangat valid) dan memiliki tingat kepraktisan dengan nilai rata-rata persentase sebesar 91% (sangat praktis). Majalah kimia dapat digunakan sebagai suplemen pembelajaran kimia.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Analisis, Nitro-Benzimidazol, Sianida, Majalah Kimia, Suplemen Pembelajaran.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 03 Aug 2023 03:36
Last Modified: 03 Aug 2023 03:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41978

Actions (login required)

View Item View Item