PRODUKTIVITAS DAN PEMASARAN KOPI DI HUTAN KEMASYARAKATAN DESA AIK BERIK KECAMATAN BATUKLIANG UTARA KABUPATEN LOMBOK TENGAH

Rizki, Wahyudi (2023) PRODUKTIVITAS DAN PEMASARAN KOPI DI HUTAN KEMASYARAKATAN DESA AIK BERIK KECAMATAN BATUKLIANG UTARA KABUPATEN LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_RIZKI WAHYUDI_C1L017085_Produktivitas.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal_Rizki Wahyudi_C1L017085_Produktivitas.pdf

Download (448kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis produktivitas kopi di HKm Aik Berik Kecamatan Batukliang Utara Kabupaten Lombok Tengah. (2) Menganalisis pendapatan petani kopi di HKm Aik Berik Kecamatan Batukliang Utara Kabupaten Lombok Tengah. (3) Menganalisis saluran pemasaran kopi di HKm Aik Berik Kecamatan Batukliang Utara Kabupaten Lombok Tengah. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari – Februari 2022. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Desa Aik Berik Kecamatan Batukliang Utara Kabupaten Lombok Tengah. Objek penelitian ini adalah petani kopi HKm Aik Berik dan lembaga pemasaran. Penentuan jumlah responden petani kopi ditentukan dengan rumus slovin yaitu sebanyak 37 responden, responden untuk saluran pemasaran ditentukan dengan metode snowball sampling. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Produktivitas kopi di HKm Aik Berik sebesar 4,77 Kw/Ha/Thn. (2) Pendapatan petani kopi di HKm Aik Berik Kecamatan Batukliang Utara sebesar Rp.2.694.058 LLG/Thn dan Rp.3.854.160 Ha/Thn. (3) Saluran pemasaran kopi Desa Aik Berik terdiri dari tiga saluran diantaranya (1) Penyaluran langsung (Petani – konsumen) sebanyak 7 orang (18,9%), (2) Penyaluran semi langsung (Petani – pedagang pengecer – konsumen) sebanyak 9 orang (24,3%), (3) Saluran tidak langsung (Petani – Pedagang Pengepul – Pedagang Pengecer – Konsumen) sebanyak 21 orang (56,8%).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Produktivitas Kopi, Saluran Pemasaran, Pendapatan.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 03 Aug 2023 03:37
Last Modified: 03 Aug 2023 03:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41980

Actions (login required)

View Item View Item