Lisna, Saptari (2023) KINERJA EKONOMI DAN SALURAN PEMASARAN USAHA AGROINDUSTRI KERUPUK KULIT SAPI DI DESA APITAIK KECAMATAN PRINGGABAYA KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
S_Lisna Saptari_Kinerja Ekonomi Dan Saluran Pemasaran Usaha Agroindustri Kerupuk Kulit Sapi Di Desa Apitaik Kecamatan Pri~1.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
|
Text
J_Lisna Saptari_Kinerja Ekonomi Dan Saluran Pemasaran Usaha Agroindustri Kerupuk Kulit Sapi Di Desa Apitaik Kecamatan Pri~1.pdf Download (754kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mengetahui kinerja ekonomi usaha agroindustri kerupuk kulit sapi di Desa Apitaik Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur; (2) Mengetahui saluran pemasaran yang dilakukan pengusaha agroindustri kerupuk kulit sapi di Desa Apitaik Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dan unit analisis dalam penelitian ini adalah usaha agroindustri dan saluran pemasaran kerupuk kulit sapi di Desa Apitaik Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur. Penentuan daerah sampel secara pusposive sampling atas pertimbangan bahwa desa tersebut merupakan desa yang paling banyak memiliki usaha pengolahan agroindustri kerupuk kulit sapi disbanding dengan desa lain di Kecamatan Pringgabaya. Penentuan jumlah responden ditentukan secara sensus sebanyak 20 responden. Penentuan responden di bagian lembaga pemasaran ditentukan snowball sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Merujuk pada pendapatan, R/C-ratio , dan produktivitas tenaga kerja, usaha agroindustri kerupukkulit sapi mempunyai kinerja ekonomi yang cukup layak untuk dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendapatan yang diperoleh pengusaha sebesar Rp 2.647.595/Pp dengan R/C-ratio usaha agroindustri 1,41; (2) Terdapat 3 (tiga) jenis produk agroindustri kerupuk kulit sapi yang dihasilkan yaitu kerupuk kulit original, kerupuk kulit mix rempah (stick), dan kerupuk kulit mix rempah (dadu). Tiga jenis produk kerupuk kulit tersebut mempunyai saluran pemasaran yang berbeda-beda dan tiga saluran pemasaran yang digunakan, Dari ketiga saluran di atas, volume produksi yang paling banyak dipasarkan yaitu ada di saluran pemasaran III. Dan jenis produk kerupuk kulit yang mempunyai keuntungan lebih tinggi yaitu kerupuk kulit mix (stick) karena dilihat dari volume produksi yang dipasarkan lebih besar dibandingkan dengan jenis kerupuk kulit yang lain.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Produksi dan Pendapatan, Saluran Pemasaran, Kerupuk Kulit Sapi. |
Subjects: | S Agriculture > SB Plant culture |
Divisions: | Fakultas Pertanian |
Depositing User: | Meike Megawati |
Date Deposited: | 03 Aug 2023 03:37 |
Last Modified: | 03 Aug 2023 03:37 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41992 |
Actions (login required)
View Item |