STRATEGI PEMASARAN USAHA ANYAMAN KETAK DI KECAMATAN LINGSAR KABUPATEN LOMBOK BARAT

Clougia Charolin, Selung (2023) STRATEGI PEMASARAN USAHA ANYAMAN KETAK DI KECAMATAN LINGSAR KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
S_Clougia Charolin Selung_Strategi Pemasaran Usaha Anyaman Ketak di Kecamatan Lingsar Ka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
J_Clougia Charolin Selung_Strategi Pemasaran Usaha Anyaman Ketak di Kecamatan Lingsar Ka.pdf

Download (172kB) | Preview

Abstract

Adanya pandemi covid-19 menyebabkan terjadinya penurunan jumlah penjualan anyaman ketak sehinnga perlu strategi pemasaran yang tepat untuk menaikkan kembali jumlah penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: biaya dan pendapatan usaha anyaman ketak di Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat, faktor-faktor internal dan eksternal usaha anyaman ketak di Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat, dan strategi pemasaran usaha anyaman di Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat. Metode analisis data yang digunakan adalah metode SWOT dan AHP. Hasil penelitian menunjukkan biaya yang dikeluarkan per bulan sebesar Rp 16.194.446 dengan penerimaan sebesar Rp 23.675.000 sehingga pendapatan sebesar Rp 7.480.554. Faktor internal: kualitas produk yang tinggi, variasi produk yang beragam, dan penggunaan sosial media sebagai tempat promosi. Faktor eksternal: kepercayaan konsumen terhadap usaha anyaman ketak, minat konsumen dalam dan luar negeri yang tinggi, dan adanya event pameran.Terdapat tiga strategi prioritas yaitu: meningkatkan dan mempertahankan kualitas, kuantitas produk agar dapat menarik semakin banyak minat konsumen dalam & luar negeri agar memperoleh pendapatan yang tinggi, meningkatkan promosi melalui sosial media dan terlibat dalam event pameran untuk menarik semakin banyak minat konsumen dalam & luar negeri, dan meningkatkan kepercayaan kepada konsumen dalam & luar negeri dengan produk yang selalu mengikuti perkembangan

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Anyaman ketak, Strategi pemasaran, SWOT dan AHP
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 04 Aug 2023 01:37
Last Modified: 04 Aug 2023 01:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41998

Actions (login required)

View Item View Item