ANALISIS PSIKOLOGI TOKOH ‘AKU’ DALAM NOVEL BUNDA LISA KARYA JOMBANG SANTANI KHAIREN MENGGUNAKAN TEORI HUMANISTIK ABRAHAM MASLOW SERTA KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

Fitriani, Reli (2017) ANALISIS PSIKOLOGI TOKOH ‘AKU’ DALAM NOVEL BUNDA LISA KARYA JOMBANG SANTANI KHAIREN MENGGUNAKAN TEORI HUMANISTIK ABRAHAM MASLOW SERTA KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI RELI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul Analisis Psikologi Tokoh ‘Aku’ dalam Novel Bunda Lisa Karya Jombang Santani Khairen menggunakan Teori Humanistik Abraham Maslow serta Kaitannya dengan Pembelajaran Sastra di SMA ini memiliki pokok yang telah dirumuskan menjadi dua bagian, yaitu: (1) Bagaimanakah psikologi tokoh Aku yang terdapat dalam Novel Bunda Lisa Karya Jombang Santani Khairein berdasarkan perspektif Abraham Maslow? (2) Bagaimanakah hasil analisis psikologi tokoh Aku yang terdapat pada Novel Bunda Lisa Karya Jombang Santani Khairein berdasarkan perspektif Abraham Maslow terhadap pembelajaran sastra di SMA? Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan psikologis tokoh Aku dalam novel Bunda Lisa Karya Jombang Santani Khairen berdasarkan teori humanistik Abraham Maslow serta menemukan kaitannya dengan pembelajaran sastra di SMA. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk menganalisis data yang telah dikumpulkan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis. Data yang dianalisis dalam penelitian ini berupa kutipan atau dialog-dialog tokoh Aku yang terdapat di dalam novel Bunda Lisa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) tokoh Aku adalah seorang yang kreatif, cerdas, cerdik, bertanggung jawab, tidak mudah putus asa, memiliki solidaritas yang tinggi, sederhana, mandiri, penyabar, penyayang, serta bijaksana (2) hasil analisis psikologi tokoh Aku berdasarkan kajian humanistik Abraham Maslow memiliki kaitan dengan pembelajaran sastra di SMA.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Analisis Psikologi, Tokoh Aku, Pembelajaran Sastra
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 15 Aug 2017 02:55
Last Modified: 15 Aug 2017 02:55
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42

Actions (login required)

View Item View Item