RELASI GENDER DALAM PELAKSANAAN HAK REPRODUKSI PEREMPUAN PADA KELUARGA BANGSAWAN DI DESA PUYUNG KEC. JONGGAT LOMBOK TENGAH

ARIF RAHMAN, HAKIM (2023) RELASI GENDER DALAM PELAKSANAAN HAK REPRODUKSI PEREMPUAN PADA KELUARGA BANGSAWAN DI DESA PUYUNG KEC. JONGGAT LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi PROPOSAL ARIF 2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal ARIF RAHMAN HAKIM.docx (1).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Uuntuk mengetahui bagaimana relasi gender dalam keluarga bangsawan. 2) Untuk mengetahui baaimanakah hak reproduksi perempuan pada keluarga bangsawan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Jenis data yang diambil dalam penelitian ini adalah data primer dan skunder. Sumber data dalam penelitian ini adalah subjek dan informan. Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini menggunakan tekhnik wawancara observasi dan dokuumentasi. Sedangkan tekhnik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan relasi gender yang terjadi dalam keluarga bangsawan didominasi oleh sistem kekerabatan patriarkis yang menempatkan laki-laki sebagai pemegang kekuasaan tertinggi dalam keluarga. Terjadi ketidak adilan gender dan diskriminasi terhadap hak reproduksi perempuan pada keluarga bangsawan yang didasari oleh sistem kekerabatan patriarkis. Dimana kaum laki-laki dengan mempertimbangkan kondisi ekonomi dan kesehatannya berhasil menentukan sendiri jeda waktu kapan memiliki anak.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Relasi gender, Hak reproduksi perempuan.
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 07 Aug 2023 23:49
Last Modified: 07 Aug 2023 23:49
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42034

Actions (login required)

View Item View Item