KEANEKARAGAMAN KEPITING (BRACHYURA) DAN ASOSIASI KEPITING (BRACHYURA) DENGAN MANGROVE DI PESISIR PANTAI GERUPUK LOMBOK TENGAH

KADEK INDAH WIDYA, SARI (2023) KEANEKARAGAMAN KEPITING (BRACHYURA) DAN ASOSIASI KEPITING (BRACHYURA) DENGAN MANGROVE DI PESISIR PANTAI GERUPUK LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Kadek Indah WS_Pend Bio.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Artikel_Kadek Indah Widya Sari.pdf

Download (406kB) | Preview

Abstract

Ekosistem mangrove adalah ekosistem intertidal di mana terdapat interaksi yang kuat antara perairan laut, payau, sungai dan daratan. Mangrove memiliki berbagai fungsi, seperti pelindung pantai dari proses erosi dan abrasi, peredam gelombang dan badai laut, serta penjerat sedimen dan penahan lumpur. Sementara itu, bagi berbagai biota, ekosistem mangrove dijadikan tempat berlindung, tempat pengasuhan, tempat pemijahan, dan tempat mencari makan, serta dapat menjadi habitat bagi hewan liar. Kerusakan ekosistem mangrove dapat mengurangi fungsi ekosistem mangrove tersebut, khususnya bagi kehidupan kepiting (Brachyura). Brachyura adalah salah satu biota asosiasi mangrove yang hidupnya dipengaruhi oleh keberadaan mangrove. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keanekaragaman kepiting (Brachyura) dan hubungan antara kerapatan mangrove dengan kelimpahan kepiting (Brachyura) pada kawasan mangrove pesisir Pantai Gerupuk Lombok Tengah. Kepiting (Brachyura) yang dijadikan sampel adalah Brachyura yang terdapat dalam plot pengamatan, Brachyura yang berada pada permukaan substrat diambil menggunakan tangan, sedangkan yang berada dalam lubang diambil dengan bantuan sekop. Data yang didapat lalu dianalisis dengan indeks keanekaragaman, asosiasi, dan koefisien korelasi pearson. Selanjutnya dilakukan analisis regresi linier sederhana dengan variabel independen (x) kerapatan mangrove dan variabel dependen (y) kelimpahan kepiting (Brachyura). Hasil penelitian ini mendapatkan 7 spesies Brachyura yang terdiri dari 6 spesies famili Ocypodidae dan 1 spesies famili Grapsidae. Indeks keanekaragaman Brachyura pada stasiun penelitian tergolong sedang hingga tinggi dengan nilai antara 1,7-4,0. Selanjutnya, terdapat 3 spesies kepiting (Brachyura) yang berasosiasi dengn 2 spesies mangrove dari 7 spesies Brachyura yang ditemukan. Persamaan regresi linier y= 0,2619x + 0,0206 dengan nilai koefisien korelasi pearson (r) 0,79 menunjukkan hubungan yang kuat antara variabel independek (x) kerapatan mangrove dengan variabel dependen (y) kelimpahan Brachyura. Kesimpulan dari penelitian ini adalah keanekaragaman Brachyura pada kawasan mangrove Pantai Gerupuk termasuk dalam kategori sedang dan terdapat hubungan signifikan antara kerapatan mangrove dengan kelimpahan Brachyura.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): keanekaragaman Brachyura; asosiasi
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 07 Aug 2023 23:49
Last Modified: 07 Aug 2023 23:49
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42037

Actions (login required)

View Item View Item