PENERAPAN METODE PEMODELAN (MODELING) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIIIA SMP NEGERI 3 KURIPAN TAHUN AJARAN 2010-2011

SAHAPUDIN, HIRMAN (2011) PENERAPAN METODE PEMODELAN (MODELING) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIIIA SMP NEGERI 3 KURIPAN TAHUN AJARAN 2010-2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
RPP SKRIPSIKU.doc
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana peningkatan kemampuan menulis teks berita dengan metode pemodelan siswa kelas VIIIA SMP Negeri 3 Kuripan tahun ajaran 2010-2011. Adapun tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis teks berita setelah mengikuti pembelajaran dengan metode pemodelan siswa kelas VIIIA SMP Negeri 3 Kuripan tahun ajaran 2010-2011. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua) tindakan, yaitu tindakan siklus I, dan tindakan siklus II dengan jumlah pertemuan masing-masing dua kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan dengan dengan tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan diakhiri dengan kegiatan evaluasi dan refleksi. Pada tahap pelaksanaan tindakan menggunakan metode pemodelan. Pemodelan adalah metode pembelajaran kontekstual yang memiliki empat fase yaitu (1) fase perhatian, (2) fase retensi, (3) fase reproduksi, dan (4) fase motivasi. Hasil tindakan siklus I dan siklus II berupa tes dan nontes. Hasil tes berupa kemampuan siswa menulis teks berita dengan metode pemodelan dan hasil nontes berupa observasi, jurnal lapangan, kegiatan wawancara, dan angket. Hasil penelitian menunjukan peningkatan yang signifikan pada kemampuan siswa menulis teks berita yaitu dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, rata-rata kelas mencapai 73,89, dengan persentase ketuntasan hanya 69,44%. Namun, pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 85,56 dengan persentase ketuntasan 88,89%. Begitu pula hasil observasi aktivitas siswa dalam pembelajaran menunjukan peningkatan yaitu 75% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II. Hasil wawancara dan angket juga menunjukan peningkatan, yaitu sebanyak 33 dari 36 orang siswa atau 91,67% pada siklus I menjadi 34 orang siswa atau 94,45% pada siklus II. Siswa menjawab dan menyatakan senang mengikuti pembelajaran dengan metode pemodelan, lebih cepat mengerti dan terbantu dalam menulis teks berita. Dengan demikian, penerapan metode pemodelan dapat meningkatkan kemampuan siswa menulis teks berita serta melatih siswa bekerjasama, lebih aktif, dan lebih mandiri dalam mengerjakan tugas.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode Pemodelan (Modeling) dan Kemampuan Menulis Teks Berita
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 May 2018 04:35
Last Modified: 23 May 2018 04:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4204

Actions (login required)

View Item View Item