NILAI SOSIAL DAN NILAI RELIGIUS DALAM TRADISI ROAH MASYARAKAT SASAK DI PANCOR DENEQ DESA BATU KUMBUNG KECAMATAN LINGSAR KABUPATEN LOMBOK BARAT

SELI, MELATI (2023) NILAI SOSIAL DAN NILAI RELIGIUS DALAM TRADISI ROAH MASYARAKAT SASAK DI PANCOR DENEQ DESA BATU KUMBUNG KECAMATAN LINGSAR KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SELI SKRIPSI FIX OK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
SELI JURNAL FIX_120206.pdf

Download (317kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui Proses Tradisi Roah Masyarakat Sasak di Pancor Deneq Desa Batu Kumbung Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat, 2) Nilai Sosial dan Nilai Religius Tradisi Roah Masyarakat Sasak Di Pancor Deneq Desa Batu Kumbung Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode etnografi. Lokasi penelitian ini di Desa Batu Kumbung Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat. Jenis data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder dengan sumber data berupa subjek penelitian dan informan penelitian. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menemukan adanya: proses tradisi roah terdiri atas 3 tahapan : sebelum pelaksanaan roah, prosesi roah dan setelah pelaksanaan roah. Sedangkan nilai sosial dan religius tersebut terdapat 4 nilai : nilai toleransi, nilai kerjasama, nilai karakter yang berhubungan dengan Tuhan dan nilai karakter yang berhubungan dengan sesama.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Nilai Sosial, Nilai Religius, Tradisi Roah
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 07 Aug 2023 23:49
Last Modified: 07 Aug 2023 23:49
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42040

Actions (login required)

View Item View Item