KEANEKARAGAMAN MAKRO-FAUNA MOLUSKA (Gastropoda dan Pelecypoda ) YANG BERASOSIASI DENGAN MANGROVE DI DAERAH PESISIR PANTAI CEMARA LEMBAR SELATAN LOMBOK BARAT

KARIMA, PASPANIA (2023) KEANEKARAGAMAN MAKRO-FAUNA MOLUSKA (Gastropoda dan Pelecypoda ) YANG BERASOSIASI DENGAN MANGROVE DI DAERAH PESISIR PANTAI CEMARA LEMBAR SELATAN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Karima Paspania_E1A019049_Skripsiii.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
2. Jurnal Karima Paspania rev.pdf

Download (620kB) | Preview

Abstract

Pantai cemara merupakan objek wisata dengan keunikan hutan mangrove, dibuka pada tahun 2015 oleh Dinas Kelautan dan Perikanan bersama pihak Desa Lembar Selatan. Makro fauna merupakan kelompok hewan besar yang hidup di dalam tanah atau air dan memiliki peran penting dalam memperbaiki sifat fisik, kimia, dan biologi lingkungan disekitarnya. Penelitian keanekaragaman moluska (Gastropoda dan Polecypoda) dilakukan untuk mengetahui jenis, keanekaragaman, dan hubungan Moluska (Gastropoda dan Polecypoda) dengan Mangrove. Jumlah individu Gastropoda dan Polecypoda ditemukan di kawasan mangrove pantai cemara adalah 9 spesies Gastropoda dan 4 spesies Polecypoda. Keanekaragaman Gastropoda yang ditemukan pada kawasan mangrove pantai cemara adalah 1.009 dengan kategori sedang, keanekaragaman Polecypoda ditemukan sebanyak 0.405 dengan kategori rendah, serta keaneragaman mangrove dikategorikan keanekaragaman sedang. Hubungan korelasi antara keanekaragaman Gastropoda, Polecypoda dengan Keanekaragaman mangrove tidak signifikan karena nilai paramerter lingkungan yaitu salinitas pada lokasi penelitian diatas 35 ppm yang memiliki dampak buruk pada mangrove karena tekanan osmotic yang negative.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Keanekaragaman, Makro fauna, Gastropoda, Polecypoda, Mangrove, Hubungan Korelasi.
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 07 Aug 2023 23:49
Last Modified: 07 Aug 2023 23:49
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42042

Actions (login required)

View Item View Item